Nilai Apple Capai 1 Triliun Dolar AS

Nilai Apple Capai 1 Triliun Dolar AS
Apple Store mixc qingdao. (Makemax.com)

Pekan ini, kapitalisasi Apple menembus 1 triliun dolar AS. Dengan begitu, Apple menjadi perusahaan teknologi pertama yang mencapai nilai tersebut.

Inibaru.id – Nilai Apple mencapai angka 1 triliun dolar AS atau lebih dari Rp 14.500 triliun pekan ini. Dengan valuasi itu, Apple menjadi perusahaan teknologi pertama yang menembus angka tersebut. Salah satu penghuni Silicon Valley ini mendahului para rivalnya di sektor teknologi.

Pencapaian itu diraih Apple setelah memublikasikan kinerja keuangan yang positif dan melebihi ekpektasi analis di kuartal III tahun fiskal 2018 pada Rabu (1/8/2018). Dalam laporan keuangan terbarunya, Apple membukukan pendapatan sebesar 53,3 miliar dolar AS, naik 17 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Penjualan perangkat iPhone menyumbang sebanyak 56 persen pendapatan Apple tersebut.

Sehari setelah membeberkan kinerja keuangan, harga saham Apple naik hingga 207,05 dolar AS per lembar saham. Itulah yang membawa Apple memuncaki nilai kapitalisasi.

Setelah Apple, Amazon duduk di urutan kedua dengan valuasi 872,5 miliar dolar AS seperti ditulis Kompas.com, Jumat (3/8).

Apple bukan perusahaan pertama yang memiliki nilai 1 triliun dolar AS. Sebelum ini, perusahaan minyak dan gas Tiongkok PetroChina juga memiliki valuasi sejumlah itu pada 2017. Namun, kini nilai PetroChina tidak lebih dari 500 miliar dolar AS. Dengan nilai kapitalisasi itu, PetroChina harus puas berada di bawah raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba.

Sementara itu, perusahaan minyak bumi Saudi Arabia Aramco belakangan ini dikabarkan berencana melepas saham ke publik dengan proyeksi nilai sebesar 2 triliun dolar AS. Namun, penawaran ini belum terealisasi.

Waduh, persaingan perusahaan semakin ketat nih, Millens. (MG12/E04)