Sering Keliru, Ini Perbedaan RAM dan ROM

Sebagian orang sering tertukar memahami RAM dan ROM. Begini perbedaannya.

Sering Keliru, Ini Perbedaan RAM dan ROM
Perbedaan RAM dan ROM. (Gadgetstouse.com)

Inibaru.id – RAM dan ROM adalah dua hal yang penting pada suatu gawai. Bahkan, kapasitas RAM dan ROM sering dijadikan pertimbangan saat hendak membeli gawai. Namun, sebagian orang sering keliru memaknai kedua komponen ini.

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Komponen ini merupakan memori yang bisa diakses sistem secara acak. RAM punya fungsi utama untuk membantu kinerja hardware seperti prosesor agar ringan dan bekerja lebih cepat. Di dalam ponsel, RAM berbentuk seperti IC (Integrated Circuit).

Secara umum, RAM masuk ke jenis memori, komponen ini nggak bisa digunakan untuk menyimpan file layaknya memori internal atau eksternal. Ketika ponsel mulai menyala, RAM akan mengumpulkan semua informasi dan keperluan yang dibutuhkan sistem. Ketika ponsel dimatikan, seluruh memori di RAM akan terhapus dengan sendirinya. 

Sementara itu, ROM atau Read Only Memory adalah jenis memori yang hanya bisa dibaca tapi nggak bisa ditulis dan dihapus pengguna gawai. Kalau pengin menghapus, kamu perlu software dan peralatan khusus, Millens. Di dalam ponsel pintar, ROM berfungsi untuk menyimpan data firmware, pengaturan pabrik, dan segala file yang diperlukan untuk jalannya sistem.

Sama dengan RAM, ROM juga berbentuk chip IC. Sebagai memori permanen, ROM bisa menyimpan data lebih lama. Data-data yang ada di ROM nggak akan hilang meski ponsel dimatikan. Hal itu berbeda dengan kinerja RAM.

Misal, ada satu ponsel dengan spesifikasi RAM 2 GB dan ROM 16 GB, itu berarti penyimpanan sistemmu punya jatah 2 GB. Sementara itu, kamu punya jatah penyimpanan file sebanyak 16 GB, Millens. Kendati jatah ROM 16 GB, nggak menutup kemungkinan kamu hanya bisa menggunakan sepertiga jatah itu saja. Ini karena sistem atau aplikasi yang ada pada ponselmu juga menggunakan jatah penyimpanan itu.

Nah, kalau mau membeli ponsel, sesuaikan kapasitas RAM dan ROM ponsel yang akan kamu beli dengan kebutuhanmu. Supaya kinerja ponsel lebih cepat, carilah RAM yang besar, sedangkan bila kamu pengin ruang penimpanan yang luas, pilihlah ROM yang besar juga. Gimana, sudah nggak bingung membedakan RAM dan ROM kan? (MG14/E04)