Terganggu dengan Dering Notifikasi? Android P Punya Solusinya

Terganggu dengan Dering Notifikasi? Android P Punya Solusinya
Android P. (9to5google)

Pada versi Developer Preview 4, Android P bisa hilangkan mode getaran pada dering notifikasi. Berikut ulasannya.

Inibaru.id – Setelah diperkenalkan Google pada Mei lalu, Android P menyuguhkan berbagai kelebihannya yang berbeda dengan ponsel lain. Android P lebih banyak menitikberatkan pada desain antarmuka yang difokuskan pada gesture baru yang disebut mirip dengan iPhone X. Salah satu kelebihan Android P yakni bisa mematikan getaran (vibrate) dan dering masuk (ring in) meskipun tidak dalam mode silent.

Seringkali, ponsel Android akan bergetar ketika menerima notifikasi, bila pengguna nggak mengaktifkan mode silent. Ketika disetel berdering, vibrasinya akan tetap muncul bersamaan dengan ringtone.

Beberapa android memang ada yang memiliki penyetelan untuk mematikan vibrasi tersebut. Namun, banyak pula aplikasi yang nggak bisa disetel karena mengikuti pengaturan dari sistem operasinya. Ada juga beberapa pabrik yang telah menyediakan mode mematikan vibrasi sama sekali, tapi lagi-lagi nggak semua ponsel menyediakan pengaturan serupa.

Nah, fitur mematikan dering notifikasi ini bakal hadir dalam sistem Android P versi Developer Preview 4. Semua ponsel Android tersebut nantinya bisa terbebas dari getaran yang nggak menyenangkan ketika menerima notifikasi.

Kompas.com, Senin (9/7/2018), menulis, pada versi sebelumya, Android P Developer Preview 3, Google telah menambahkan opsi pada menu setting yang memungkinkan pengguna mengatur kekuatan vibrasi ketika menerima notifikasi.

Ada empat penyetelan getaran notifikasi pada Android P Developer Preview 3, yakni tinggi (high), menengah (medium), rendah (low), dan mati sama sekali (off). Selain itu, ada pula penyetelan serupa untuk sentuhan (touch vibration).

Pada versi teranyar Developer Preview 4, seperti disebutkan di atas, nantinya Android P nggak lagi memberikan opsi untuk mengatur kekuatan vibrasi. Pengguna hanya bisa memilih menyalakan (on) atau mematikan (off).

Sayang, Google belum juga meluncurkan Android P dalam bentuk final. Karena itu, fitur-fitur yang saat ini masih dalam bentuk preview belum tentu akan sama atau benar-benar diterapkan di versi final nanti. Wah, jadi penasaran ya, Millens. Tunggu saja deh rilisan resminya. (IB07/E04)