Pasang Antivirus di Gawai, Penting Nggak sih?

Sebagian orang berpikir dengan memasang antivirus, gawai mereka akan terlindung dari program jahat. Benarkah seperti itu?

Pasang Antivirus di Gawai, Penting Nggak sih?
Antivirus. (PcMag.com)

Inibaru.id – Sebagian pengguna gawai memasang antivirus di gawainya. Pemasangan antivirus itu bertujuan untuk melindungi data yang mereka miliki. Padahal, belum tentu gawai mereka membutuhkan antivirus.

Extremetech.com (16/8/2016) justru menulis bila gawaimu nggak perlu dipasangi antivirus, Millens. Ini lantaran sistem Android dan Personal Computer (PC) berbeda. Pada PC, malware alias virus menyusup melalui situs-situs berisi program jahat. Jika nggak menggunakan perlindungan, data bisa rusak atau hilang.

Hal itu berbeda dengan cara kerja Android. Sebelum mengunjungi situs yang dianggap berbahaya, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan untuk tetap melanjutkan penelusuran atau tidak.

Google sebagai penyedia layanan Google Play Store juga berusaha memberi perlindungan berlapis pada para penggunanya. Perlindungan ini diterapkan dengan melakukan pemindaian komputer dan manusia untuk aplikasi yang akan diunggah. Jadi, bisa dipastikan nggak mudah menyusupkan virus ke dalam aplikasi itu.

Kalau kamu pengin tetap melindungi gawaimu, pilihlah antivirus yang cara kerjanya mirip dengan Google Play Store. FYI, antivirus yang seperti ini bisa meminimalisasi program jahat masuk ke gawaimu. Namun, kelemahannya adalah bateraimu cenderung lebih cepat habis.

Kalau kamu bingung, beberapa cara ini mungkin bisa membantu melindungi gawaimu. Pertama, pastikan untuk nggak mengubah pengaturan keamanan di gawai Androidmu. Pada pengaturan ini, kamu bakal menjumpai kolom bernama “Unknown Source”. Kalau kamu pengin memasang aplikasi yang kamu peroleh dari luar Google Play Store, kamu mesti mengubah kolom “disable” menjadi “enable” pada kolom ini dulu, Millens.

Saat kamu selesai memasang, biasanya Verify Apps dari Google bakal memindai aplikasi ini secara otomotis. Namun, ada baiknya gunakan saja aplikasi serupa yang sudah dipindai Google Play Store.

Kedua, jangan menjalankan root access. Terkadang, kamu mungkin pengin mengakses lebih banyak hal dan untuk melakukan hal ini kamu perlu membuka root access. Padahal, menjalankan root access ini juga ada risikonya, lo. Sistem keamananmu jadi nggak memiliki “pagar”. Jadi, sebaiknya pikir-pikir dulu ya.

Oh iya, gawai keluaran terbaru juga banyak yang sudah dibekali antivirus. Jadi, kamu nggak perlu lagi menambah antivirus dari luar.

Gimana, tetap mau pasang antivirus di gawaimu, nih? Ketimbang ngabisin ruang penyimpanan, mungkin kamu bisa memasang aplikasi lain yang lebih berguna, Millens. (IB15/E04)