Mirip Waze, Google Kembangkan Fitur “Laporkan Kecelakaan” di Google Maps

Mirip Waze, Google Kembangkan Fitur “Laporkan Kecelakaan” di Google Maps
Google dan Waze (Beritasatu.com)

Google mengembangkan fitur baru pelaporan kecelakaan. Fitur ini mirip dengan fitur yang dimiliki Waze.

Inibaru.id -  Beberapa waktu yang lalu sistem Android mendeteksi pengembangan fitur yang dilakukan Google terhadap Google Maps. Fitur yang tengah dikembangkan dalam Google Maps ini sebelumnya telah tersedia di Waze, yakni fitur “Laporkan Kecelakaan”. Fitur terbaru ini di antaranya berfungsi untuk menunjukkan kondisi jalan seperti bila ada pekerjan jalan atau bila ada kecelakaan plus waktu terjadinya kecelakaan.

Sebagai "adik" dari Google Maps, Waze lebih dahulu memiliki fitur “Laporkan Kecelakaan” yakni sejak lima tahun yang lalu. Namun, fitur di Waze memberi data yang sedikit berbeda daripada Google Maps seperti apakah ada penutupan jalan, kecelakaan, mobil-mobil polisi, atau masalah lalu lintas lainnya.

Saat dimintai konfirmasi apakah fitur tersebut bakal dirilis secara permanen atau hanya uji coba saja,  Google belum menjawabnya. Pihak Google hanya menjelaskan bila fitur tersebut sudah dipasang sejak beberapa bulan lalu di Android seperti dilansir dari Theverge.com, Jumat, (29/6/2018).

Selama ini, sejumlah pengguna mengaku lebih senang menggunakan Waze daripada Google Maps. Ini  karena Waze dinilai lebih akurat dan lebih tepat dengan waktunya sehingga lebih cocok digunakan mereka yang sering keluar menggunakan kendaraan. Kendati demikian, pengguna juga mengungkapkan kedua aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Google Maps dianggap lebih cocok digunakan untuk pejalan kaki, pengguna sepeda, pengguna yang membutuhkan informasi fasilitas publik, hingga pencari rekomendasi serta informasi tentang tempat bisnis di area sekitar pengguna.

Sementara itu, bulan lalu Google kembali mengembangkan aplikasi baru yang sejenis dengan Google Maps dan Waze. Aplikasi terbaru mereka yang bernama MTA New York City Subway tersebut memiliki kemampuan untuk melaporkan sistem kereta bawah tanah Kota New York sehingga pengguna bisa tahu apakah ada kecelakaan atau penundaan keberangkatan. Wah, semakin canggih saja.

Eh, kalau Millens, masuk tim yang suka menggunakan Waze atau Google Maps nih? (IB15/E04)