Mi Music dan Mi Video, Layanan Baru Xiaomi Serupa Spotify dan Netflix

Hai, pengguna setia Xiaomi, ada kabar gembira buat kamu nih! Xiaomi baru saja meluncurkan layanan aplikasi baru serupa Spotify dan Netflix. Wah, seperti apa ya?

Mi Music dan Mi Video, Layanan Baru Xiaomi Serupa Spotify dan Netflix
Layanan Mi Music dan Mi Video buatan Xiaomi. (Xiaomi)

Inibaru.id – Xiaomi baru saja meluncurkan layanan baru Mi Music dan Mi Video di acara Mi Pop India pada Kamis (3/5/2018). Kedua layanan baru itu diklaim bisa menggantikan peran Spotify dan Netflix pada ponsel besutannya. Wah, asik tuh, Millens!

Dengan layanan Mi Music itu, pengguna bisa mendengarkan lagu secara daring dari perpustakan Mi Music tanpa perlu menyimpannya di memori smartphone. Layanan ini menawarkan lebih dari 10 juta lagu secara gratis di 13 bahasa lokal. Namun, bila kamu pengin mendengar lagu secara luring (offline) dan menyimpannya, pengguna harus membayar uang sebesar 13,49 dolar AS (Rp 190.000) per tahun. Hm, bisa dibilang murah ya!

Sementara itu, Mi Video masuk dalam kategori Video on Demand (VoD) yang memungkinkan pengguna bisa menonton film secara daring tanpa perlu mengunduh. Aplikasi ini serupa dengan Netflix, Viu, atau Iflix yang saat ini sudah ada di Indonesia. Mi Video menawarkan lebih dari 500.000 jam konten video, di mana 80 persennya gratis. Hingga saat ini, Xiaomi belum menerapkan layanan berlangganan untuk Mi Video.

Seperti ditulis Kompas.com, Kamis (3/5/2018), Mi Music muncul dari kerja sama antara Xiaomi dan penyedia konten streaming terbesar di India, Hungama. Nah, kalau Mi Video ini merupakan hasil kolaborasi Xiaomi dengan beberapa pihak seperti Hungama Play, SonyLiv, Voot, Sun NXT, ALT Balaji, Viu, TVF, dan Flickstree.

Kini, Mi Music dan Mi Video masih dalam versi beta sebagai fitur bawaan pada lini-lini Xiaomi untuk pasar India. Xiaomi menargetkan keduanya hadir dalam bentuk final pada pertengahan Mei mendatang. Namun, belum diketahui secara jelas, apakah negara-negara lain bakalan ikut menikmatinya, termasuk Indonesia.

Hmm, boleh juga nih. Dengan dua layanan baru itu, pengguna Xiaomi nggak perlu mengunduh pemutar musik dan video tambahan lagi. (IB07/E04)