Mengenal Lebih Jauh Video 360 Derajat

Google doodle pada Kamis (3/5/2018) tampak berbeda karena menggunakan video 360 derajat. Wah, gimana tuh?

Mengenal Lebih Jauh Video 360 Derajat
Kamera 360 Derajat. (Malesbanget.com)

Inibaru.id - Tampilan Google doodle pada Kamis (3/5/2018) berbeda dari biasanya lo, Millens. Bukan logo, foto, gambar, atau animasi yang dipajang, kali ini google doodle menampilkan Virtual Reality (VR) 360 derajat dalam sebuah video yang digunakan untuk mengenang Georges Melies.

Video 360 derajat sebenarnya sudah muncul sejak 2016 lalu. Namun, kini tampaknya video itu kembali digandrungi lagi nih, Millens. Terbukti, selain dipakai pada Google doodle edisi Kamis (3/5), video 360 derajat juga dipakai pada video lirik lagu terbaru Yura Yunita bersama Reza Rahadian yang berjudul "Pekat".

Diary.id (21/9/2016), menulis, video 360 derajat merupakan video yang dibuat dengan sistem kamera yang dapat merekam seluruh pemandangan dengan sudut mencapai 360 derajat secara berkelanjutan. Dengan teknik perekaman itu, penonton dapat melihat video tersebut dari berbagai sudut.

Nah, untuk membuat video 360 derajat ini, kamu bisa memanfaatkan kamera 360 derajat. Kalau nggak punya kamera 360 derajat, kamu juga bisa menggunakan smartphone atau kamera digital biasa lo. Kamu bisa mendapatkan video itu dengan mengaktifkan mode panorama. Namun, tentu saja hasilnya nggak sebagus seperti menggunakan kamera 360 derajat.

Video model ini bisa dilihat melalui laptop maupun smartphone. Untuk melihat video yang menampilkan seluruh isi ruangan itu, kamu cukup menyeret kursor ke sudut video yang kamu inginkan. Bila lewat laptop/PC, kamu tinggal mengaktifkan kursor di video dan menggesernya. Namun, bila melalui smartphone, kamu memerlukan aplikasi tambahan seperti VR box untuk merasakan sensasi video yang berbeda.

Eits, tapi nggak semua pemutar video yang mendukung jenis video ini. Hingga kini, pemutar video yang mendukung video 360 derajat yakni VLC, KMPlayer, dan Movies & TV di Windows 10.

Wah, keren ya, Millens. Hayo, kamu sudah pernah menonton video 360 derajat belum? atau jangan-jangan kamu malah sudah mahir membuatnya? He-he (IB18/E04)