Kini, Google Assistant Bisa Pahami Dua Bahasa Sekaligus

Kini, Google Assistant Bisa Pahami Dua Bahasa Sekaligus
Google Assistant. (Pubexec.com)

Google baru meluncurkan fitur baru untuk Google Assistant. Fitur itu memudahkan pengguna untuk memberi perintah dalam dua bahasa. Seperti apa cara kerjanya?

Inibaru.id – Google merilis fitur identifikasi dua bahasa di Google Assistant pada Pameran Teknologi IFA di Berlin, Jerman. Dalam pameran yang diadakan pada 31 Agustus hingga 5 September itu, Google menjelaskan fitur tersebut dapat mengidentifikasi dua bahasa sekaligus yang diucapkan pengguna.

Sejak Februari lalu, Google memang tengah mengembangkan Google Assistant agar mampu memahami beragam bahasa. Alhasil, Google Assistant kini mampu merespons dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Italia, dan Jepang. Pengguna tinggal mengatur dua bahasa apa saja yang pengin mereka gunakan.

Kemampuan mengenali dua bahasa sekaligus yang dimiliki Google Assistant ini berkaitan dengan aplikasi LangID. Aplikasi besutan Google itu memang difungsikan untuk mengidentifikasi bahasa.

Nanti, LangID bakal mengidentifikasi bahasa yang digunakan pengguna. Setelah itu, Google Assistant langsung memproses transkripsi yang benar. Untuk mempercepat proses identifikasi ini, LangID juga berfungsi untuk menyimpan kosakata, mengenali frekuensi setiap bahasa yang digunakan, dan tipe perangkat yang kamu gunakan. Hm, rumit sih, tapi canggih!

Hingga kini, Google Assistant mampu mendeteksi 17 bahasa. Ketujuh belas bahasa itu meliputi bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Italia, Jepang, Denmark, Norwegia, Swedia, Belanda, Portugis, Rusia, Korea, India, Indonesia, Thailand, dan Marathi.

Google menargetkan pada akhir tahun nanti, Google Assistant mampu mendeteksi 30 bahasa. Dari 30 bahasa tersebut, Google berencana menambah 7 bahasa daerah India yakni bahasa Bengali, Tamil, Telugu, Gujarat, Kannada, Urdu, dan Malayam.

Hm, menarik nih! (IB15/E04)