Mau Punya Hard Disk Berkapasitas 40 TB?

Hard Disk superbesar ini bakal memanjakan yang suka unduh film berkapasitas besar. Tapi untuk memilikinya, kita butuh sabar menunggu.

Mau Punya Hard Disk Berkapasitas 40 TB?
Hard disk berkapasitas superbesar. (india.futurism.com)

Inibaru.id – Bayangkan, dengan sebuah USB drive 32 GB kita bisa menyimpan puluhan film plus koleksi foto. Bagaimana jika  kita punya yang 40 TB?

Western Digital, sebuah sebuah perusahaan teknologi kondang berencana membuat inovasi terbaru dalam menciptakan hard disk. Kapasitas hard disk-nya luar biasa. Superbesar. Ya, perusahaan tersebut akan membuat perangkat penyimpanan berkapasitas 40 TB.

Besar kapasitas itu tentu saja jauh melebihi kapasitas terbesar saat ini yang masih 12 TB

Pabrikan lain bernama Seagate telah berhasil menciptakan hard disk dengan kapasitas 12 TB untuk saat ini. Memang tidak mustahil jika berbicara hard disk yang berukuran 40 TB namun tentu membutuhkan waktu yang lama. Western Digital sendiri memperkirakan proyeknya akan rampung pada 2025.

Berukuran 40 TB, akan ada banyak file yang bisa disimpan. Jika satu judul film berukuran 1 GB maka dengan hard disk ini kita bisa memiliki 40.000 judul film. Begitupun dengan lagu, apabila satu lagu berukuran 5 MB, maka kita bisa menampung 8 juta lagu sekaligus. Kemudian, jika satu gim memiliki ukuran 10 GB maka otomatis kamu dapat menyimpan 4000 gim. Bayangkan, berapa banyak file tugas mahasiswa yang bisa disimpan di sini?

 

(anandtech.com)

Western Digital sedang mengembangkan spin torque oscilator (STO), yaitu sebuah teknologi pembaca dan perekam data dalam hard disk. Teknologi tersebut yang kemudian diterapkan bersama microwave-assisted magnetic recording (MAMR) yang  memungkinkan menghasilkan gelombang mikro lebih rendah dengan frekuensi 20-40GHz.

Gelombang tersebut menurunkan daya tahan media perekam data yang mendasarinya. Hal itu akan mempermudah pembacaan data pada piringan hard disk. Hasilnya, Western Digital akan dapat mendapatkan lebih banyak data dalam luas fisik yang sama hingga 4 TB per ichi persegi.

Meski proyeksinya masih sekitar delapan tahun lagi, tapi bukan tak mungkin waktunya bisa lebih cepat seperti galibnya dalam teknologi digital. (EBC/SA)