Usung Konsep Video Vertikal, Instagram Luncurkan IGTV

Usung Konsep Video Vertikal, Instagram Luncurkan IGTV
Kevin Systrom, CEO and co-founder of Instagram. (AP Photo/Jeff Chiu)

Instagram merilis aplikasi mandiri terbarunya dengan tajuk “IGTV”. Dengan IGTV, kamu bisa menonton video Instagram dengan durasi 1 jam.

Inibaru.id – Instagram merilis aplikasi mandiri (stand alone) di San Fransisco, Amerika Serikat, pada Rabu (20/6/2018). Aplikasi tersebut diberi nama IGTV. Sebelum perilisan IGTV, Instagram memang telah mengumumkan bakal memperpanjang durasi video dari 15 detik hingga 1 jam pada awal Juni ini.

“Ini adalah waktunya konten video lebih maju dan berevolusi. IGTV adalah platform untuk menonton video panjang dari kreator-kreator kesukaan Anda,” kata CEO Instagram, Kevin Systrom seperti ditulis Kompas.com, Kamis (21/6).

IGTV hampir mirip dengan Youtube. Namun, platform ini hanya fokus pada video berformat vertikal alias full-screen di layar smartphone. Ini yang membedakannya dengan Youtube yang mayoritas berisi video horisontal. Selain itu, IGTV juga memiliki kelebihan yakni video yang diunggah nggak akan hilang layaknya Instastories.

Kendati aplikasi terpisah, IGTV juga akan tersedia dalam bentuk tab di dalam aplikasi Instagram. Kamu nggak diminta membuat akun lagi kok. Cukup menggunakan akun Instagram kamu sudah bisa memakai IGTV. Jadi, kedua aplikasi tersebut saling berhubungan sehingga otomatis kamu bisa memutar video vertikal dari orang-orang yang diikuti di Instagram.

Guna menarik lebih banyak pengguna IGTV, Instagram menggaet beberapa selebgram untuk mengunggah video di akun mereka di antaranya adalah Kim Kardashian dan Selena Gomez yang memiliki pengikut lebih dari 10 ribu.

Hal itu sekaligus menjadi salah satu persyaratan bagi pengguna yang ingin mengunggah video. Bagi pengguna yang memiliki lebih dari 10 ribu pengikut, mereka bisa menggunggah video dengan durasi 1 jam. Sementara itu, pengguna yang memiliki pengikut lebih sedikit, hanya mendapat jatah durasi 10 menit. Ke depannya, Instagram juga akan membuat alat ukur guna membatasi durasi video yang diunggah pengguna.

Saat ini, IGTV sudah tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Namun, aplikasi tersebut belum tersedia di semua negara. Instagram bakal menyediakannya secara bertahap di dunia mulai Kamis (21/6) salah satunya di Indonesia. Hayo, siapa nih yang sudah mengunduh? (IB07/E04)