50 Juta Akun Facebook Diretas, Menkominfo Minta Penjelasan
Kantor Facebook Indonesia. (Vibizmedia.com)

50 Juta Akun Facebook Diretas, Menkominfo Minta Penjelasan

Facebook dikabarkan telah diretas oknum nggak bertanggung jawab pada Jumat (28/9/2018) dan mengakibatkan 50 juta akun dibobol. Menanggapi hal itu, Menkominfo menyurati Facebook untuk meminta penjelasan.

Inibaru.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta penjelasan resmi kepada Facebook Indonesia terkait insiden peretasan yang terjadi pada Jumat (28/9/2018). Pada insiden peretasan jejaring sosial yang berbasis di Silicon Valley, California, Amerika Serikat itu, sebanyak 50 juta akun pengguna dikabarkan terdampak.

Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu pun mengirim surat resmi No. S-259/Kominfo/DJAI/AI.05.04/10/2018 kepada Kepala Facebook Indonesia pada Senin (1/10).

“Melalui surat tersebut, Kominfo meminta Facebook Indonesia menjelaskan langkah-langkah yang telah dilakukan dalam menghadapi masalah keamanan pada fitur Facebook,” kata Ferdinandus seperti ditulis Kompas.com, Selasa (2/10).

Para peretas diduga memanfaatkan celah yang ada pada fitur “View As”.  Melalui celah pada fitur ini, token akses yang sebenarnya hanya bisa dimanfaatkan pengguna malah bocor ke pihak lain. Kini, fitur tersebut telah ditutup untuk keperluan investigasi.

Jumlah warga Indonesia yang menjadi pengguna aktif Facebook bisa dibilang cukup besar yakni mencapai 115 juta orang. Jika terjadi peretasan seperti ini, bukan nggak mungkin keamanan data pribadi pengguna Facebook Indonesia terancam.

"Isu perlindungan data pribadi warga negara Indonesia di internet menjadi salah satu fokus perhatian Kementerian Kominfo," lanjut Ferdinandus.

Nggak hanya mendapat tekanan dari pelbagai pihak. Atas kasus ini, saham Facebook juga dikabarkan mengalami penurunan sebesar 5 persen dengan nilai 13 miliar dolar AS atau setara dengan 193 triliun rupiah.

Duh, semakin gaswat saja ini ya keamanan di jejaring sosial. Semoga pemerintah maupun pengembangan segera menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya agar kejadian ini nggak terulang lagi ya, Millens. (MG14/E04)