Lagi, Qualacomm Curi Start Akselerasi Chip Jaringan 5G

Era internet jaringan generasi kelima atau yang dikenal dengan sebutan 5G kini tak terelakkan lagi. Qualacomm semakin memantapkan diri untuk memperkenalkan jaringan tersebut.

Lagi, Qualacomm Curi Start Akselerasi Chip Jaringan 5G
Jaringan 5G. (Newsteps.co)

Inibaru.id – Sobat Millens tentu penasaran dengan jaringan 5G yang tengah heboh diperbincangkan saat ini. Yap, jaringan yang dikabarkan mampu mempermudah koneksi antarperangkat itu kini semakin gencar dipromosikan oleh sebuah perusahaan besar dari Amerika Serikat, Qualacomm.

Setelah sukses mencuri start jaringan 5G melalui chip modem X50 untuk ponsel pintar, kali ini Qualacomm menggandeng Samsung untuk membuat akselerasi 5G berbentuk System-on-Chip (SoC) Snapdragon. Chipset 5G Snapdragon tersebut dikabarkan hanya berukuran tujuh nanometer tapi mampu bekerja lebih dahsyat daripada chip 10 nanometer Snapdragon 835.

Baca juga:
Gencarkan Sosialisasi Registrasi SIM Card Prabayar Jelang "Deadline"
Satelit Internet Milik SpaceX Telah Berada di Orbit

Seperti ditulis Kompas.com, Jumat (23/2), teknologi ini diklaim mampu menghemat efisiensi pemakaian area sebesar 40 persen, meningkatkan kinerja sebesar 10 persen, dengan konsumsi daya yang cukup rendah, yakni 35 persen. Hm, betapa canggihnya!

Namun begitu, belum ada pengumuman resmi mengenai julukan yang akan digunakan untuk chipset ramping tersebut. Besar kemungkinan chip ini akan diberi nama "Snapdragon 855".

Baca juga:
Banting Tulang Hidupi Bisnis Startup
Investasi Triliunan Saudi untuk Industri Hiburan

Sebelumnya, Samsung juga telah mengerjakan chip delapan nanometer yang juga bekerja sama dengan Qualacomm. Kerja sama antara kedua perusahaan ini memberikan keuntungan besar bagi keduanya, mengingat Samsung juga menggunakan teknologi Snapdragon untuk ponsel pintar premium seri Galaxy yang telah diluncurkan sejak lama. (MEI/GIL)