Spotify Buka Diri untuk Musisi Indie

Spotify Buka Diri untuk Musisi Indie
Logo spotify. (spotify)

Para musisi indie kini bisa mengunggah lagunya di Spotify beta. Namun, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi.

Inibaru.id – Platform layanan streaming musik Spotify rencananya bakal mengeluarkan fitur yang memungkinkan para musisi independen (indie) dapat mengunggah lagunya di platform tersebut. Ini karena Spotify memang sedang menyasar para musisi indie.

Spotify yang sedang melakukan beta testing memberikan kesempatan para musisi indie untuk mengunggah lagunya melalui Spotify for Artist di aplikasi mobile. Musisi indie akan direkomendasikan untuk mengunggah lagunya lima hari sebelum dirilis ke publik.

Pihak Spotify mengatakan, kehadiran layanan ini berlatar belakang pada banyaknya permintaan musisi indie untuk memasukkan karyanya di platform yang digagas Daniel Ek ini.

“Sejak kami meluncurkan Spotify for Artists, salah satu fitur yang paling banyak diminta adalah bisa mengunggah langsung ke Spotify. Kalian meminta kami untuk membagikan karya kepada dunia harus lebih mudah lagi. Selama beberapa bulan belakangan, kami menguji peralatan untuk mengunggah di Spotify for Artists karena kami percaya berbagi musik bisa dengan cara yang sederhana. Mulai hari ini kami mengajak lebih banyak musisi untuk berpatisipasi di versi beta,” kata Spotify seperti ditulis Antaranews.com, Jumat (21/9/2018).

Fitur Spotify for Artist akan memberikan statistik apa yang telah musisi dapatkan di platform tersebut. Nanti, para musisi dikabarkan bakal mendapatkan 50 persen pendapatan dan 100 persen royalti dari lagu yang dimasukkan ke Spotify. Hm, lumayan juga ya!

Selain lewat fitur tersebut, musisi indie juga bisa memasukan lagu ke Spotify melalui kerja sama dengan label rekaman besar atau layanan ketiga seperti TuneCore. Hingga saat ini, sudah ada ratusan musisi yng diundang untuk berpartisipasi dalam program ini. Nggak menutup kemungkinan, jumlah ini akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Wah, kesempatan emas terbuka lebar bagi para musisi indie nih! (MG12/E04)