TPST Seminyak Bali Dapat Hibah Mesin Pencacah Plastik

TPST Seminyak Bali Dapat Hibah Mesin Pencacah Plastik
Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Seminyak, Bali. (Kementerian PUPR)

Agar sampah plastik dapat didaur ulang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menempatkan teknologi pencacah plastik di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) di Seminyak, Bali.

Inibaru.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menempatkan mesin pencacah sampah plastik di titik-titik yang ramai wisatawan. Kali ini, Kementerian PUPR menempatkan mesin itu di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Reduce, Reuse, Recycle (3R) Seminyak, Bali.

Kepala Balai Litbang Penerapan Teknologi Jalan dan Jembataan Kementerian PUPR Raden Satrio Sang Raksono mengatakan mesin itu merupakan sumbangan ketujuh di Kawasan Strategis Pariwisata nasional (KSPN). Mesin pencacah ini merupakan hasil karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) seperti ditulis Tempo.com, Minggu (29/7/2018).

“Penyerahan mesin juga dilengkapi materi ajar mengenai pemanfaatan limbah plastik. Nanti, limbah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai campuran aspal dan bahan bangunan seperti paving block,” ujar Raden Satrio.

Mesin pencacah plastik. (Kementerian PUPR)

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti menambahkan aktivitas TPST 3R Seminyak sudah diinisiasi Ditjen Cipta Karya sejak 2015 lalu. Proyek dengan anggaran Rp 650 juta itu dibangun di atas lahan seluas 570 meter persegi.

Selain mesin pencacah plastik, TPST 3R Seminyak juga dilengkapi dengan lima unit truk sampah, satu unit bak motor sampah, satu unit mesin ayakan, tiga unit gerobak sampah, dan satu unit gedung komposting.

“Ada juga pusat pendidikan yang dilengkapi ruang kelas yang tebuka bagi komunitas, mahasiswa, atau masyarakat umum untuk belajar mengolah sampah. Masyarakat bisa berperan aktif dalam mengatasi masalah sampah dan hasilnya pasti lebih efektif dan efisien. Bahkan bisa memiliki nilai ekonomis," kata Anita.

Sebelum di Bali, Kementerian PUPR sudah menghibahkan mesin pencacah limbah plastik di KSPN Labuan Bajo di NTT, KSPN Danau Toba, KSPN Toraja Sulawesi Selatan, KSPN Mandalika NTB, KSPN Bromo Jawa Timur, dan KSPN Borobudur Jawa Tengah.

Semoga mesin pencacah sampah plastik itu bisa dipergunakan dengan baik ya, Millens. (IB11/E04)