Menuju Era Pemerintah Digital Jawa Tengah

Menuju Era Pemerintah Digital Jawa Tengah
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko. (Antara/Wisnu Adhi)

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berinovasi mengembangkan pemerintahan yang transparan. Untuk mewujudkan hal itu, Pemprov Jateng menggencarkan pelayanan publik berbasis digital.

Inibaru.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah semakin menggencarkan layanan publik berbasis digital. Pengembangan layanan berbasis digital itu merupakan salah satu langkah yang ditempuh Pemprov Jateng untuk mewujudkan pemerintahan yang digital.

"Saat ini semakin banyak pelayanan publik yang berbasis digital untuk beranjak dari pemerintahan yang bersifat konvensional menuju pemerintahan digital," tutur Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seperti ditulis Antaranews.com, Kamis (23/8/2018).

Hingga saat ini, sudah ada lima layanan publik berbasis digital yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kelima layanan itu di antaranya Perpustakaan Digital I-Jateng, Sistem Informasi Aplikasi Perizinan Jawa Tengah (SIAP Jateng), Jaringan Informasi Pelayanan Publik (JIPP), Sistem Informasi Desa (Sidesa), dan Jateng SLIM (Sistem Layanan Informasi Mobile).

Aplikasi Perpustakaan Digital I-Jateng dapat diakses melalui ponsel pintar berbasis Android. Perpustkaan digital ini jug bisa diakses lewat Windows dengan mengunduhnya melalui website Ijateng.id. Ganjar menambahkan, sudah ada 19.182 judul buku koleksi yang diluncurkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng telah melalui Perpustakaan Digital I-Jateng.

Sementara itu, Sistem Informasi Aplikasi Perizinan Jawa Tengah (SIAP Jateng) ditujukan untuk mempermudah proses perizinan warga Jateng.

Selain itu, tiga aplikasi lainnya; Jaringan Informasi Pelayanan Publik (JIPP), Sistem Informasi Desa (Sidesa), dan Jateng SLIM (Sistem Layanan Informasi Mobile) baru diluncurkan pada Sabtu (18/8). Ketiga aplikasi itu diluncurkan pada acara Pesta Rakyat 2018 di Kabupaten Pemalang.

JIPP merupakan sarana penyebarluasan dan pembelajaran inovasi agar bisa saling belajar dan bertukar informasi tentang praktik dan program inovatif. Kamu bisa mengaksesnya melalui laman Jipp.jatengprov.go.id.

Ada juga aplikasi Sidesa. Aplikasi ini menyediakan data, informasi, dan forum komunikasi penyelenggaraan pemerintah yang terintegrasi ke Pemerintah Provinsi.

Terakhir adalah Jateng SLIM yang dapat diakses melalui ponsel pintar Android. Aplikasi ini ditujukan untuk menyampaikan permohonan informasi agar lebih mudah dan tidak berbelit.

Wah, bakal lebih mudah nih karena ada layanan berbasis digital. Bagaimana menurutmu, Millens? (MG12/E04)