Facebook Berkomitmen Jadi Perusahaan Ramah Lingkungan pada 2020

Setelah berhasil mencapai target menggunakan energi terbarukan untuk 50 persen fasilitas di kantornya, kini Facebook menegaskan akan menuntaskan targetnya menjadi perusahaan yang 100 persen ramah lingkungan pada 2020 mendatang.

Facebook Berkomitmen Jadi Perusahaan Ramah Lingkungan pada 2020
Facebook. (Cbsistatic.com)

Inibaru.id – Raksasa jejaring sosial Facebook berkomitmen menjadi perusahaan ramah lingkungan pada 2020 mendatang. Hal ini diungkap aktivis Greenpeace Gary Cook yang dirilis secara daring pada Selasa (28/8/2018) di San Fransisco, California, Amerika Serikat.

“CEO Facebook Mark Zuckerberg menegaskan Facebook akan menjadi perusahaan bebas batubara dan 100 persen menggunakan energi terbarukan. Jika ini bisa menjadi langkah perubahan untuk menghindari perubahan iklim seperti yang dikatakan para ilmuwan, tentu kita butuh lebih banyak perusahaan yang mengambil langkah seperti ini,” ungkap Cook seperti ditulis Greenpeace.org, Selasa, (28/8).

Menurut Cook, Facebook berhasil menjadi contoh bagi sejumlah perusahaan, termasuk Samsung Electronics. Untuk membuktikan komitmennya, mulai pekan ini Facebook menargetkan mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 75 persen hingga akhir 2020.

Pada 2011 silam, Facebook bekerja sama dengan Greenpeace untuk mengampanyekan “Batalkan Pertemanan dengan Batubara” di platformnya. Kampanye ini sukses mengajak banyak perusahaan untuk berpartisipasi menjadi perusahaan yang ramah lingkungan.

Pada 2013, perusahaan yang berbasis di Silicon Valley, California, Amerika Serikat ini kembali menegaskan komitmennya dengan melakukan pembelian pembangkit listrik tenaga surya dan angin. Perusahaan tersebut diketahui membangun pembangkitnya di beberapa lokasi seperti Oregon, Virginia, New Mexico, hingga Lulea di Swedia.

Dua tahun setelahnya, Facebook menargetkan 50 persen fasilitas kantor mereka menggunakan energi terbarukan hingga 2018. Target ini bahkan sudah ditepati Facebook pada 2017.

Selain Facebook, sejumlah perusahaan seperti Honda, McDonald, Google, Coca Cola, dan Starbucks juga ditargetkan menjadi perusahaan yang menggunakan energi terbarukan mulai tahun ini. Semoga semakin banyak perusahaan yang bergabung dengan Facebook dan kawan-kawan ya, Millens. (IB15/E04)