Jadi Perdebatan, Apa Sih Fungsi Fitur Ask Me Questions di Instagram?

Sejak diluncurkan pada hari Kamis (28/6/2018) kemarin, fitur terbaru Ask Me Questions di Instagram menjadi topik yang diperdebatkan para penggunanya. Sebenarnya apa sih fungsi fitur ini?

Jadi Perdebatan, Apa Sih Fungsi Fitur Ask Me Questions di Instagram?
Sejumlah pihak salah paham dengan fungsi fitur Ask Me Questions di Instagram . (Kapanlagi.com)

Inibaru.id – Sejak diluncurkan pada Kamis, (28/6/2018) fitur Ask Me Questions di Instagram menuai perdebatan. Sebagian pengguna pengguna menganggap fitur tersebut mirip dengan platform Ask.fm atau Secreto yang memungkinkan pengikut bisa bertanya apapun kepada si pemilik akun. Namun, sebagian yang lain berpendapat kalau fungsi tersebut tidak benar.

Salah seorang pengguna Twitter bahkan sampai membuat thread untuk menjelaskan fungsi fitur anyar itu versinya lo, Millens. Pemilik akun Twitter yang bernama @dimazdmagan itu mengaku kesal dengan banyaknya pengguna Instagram yang gagal paham dengan Ask Me Questions.

Jelas-jelas nama feature-nya itu kan questions yang artinya pertanyaan, jadi seharusnya kamu sendiri yang membuat pertanyaan yang diperuntukkan pengikutmu dan kemudian pengikutmu ngasih jawaban di kolom type something, bukan malah bikin postingan pake kalimat ask me questions” tulisnya.

Senada dengan @dimazdmagan, laman Teknologya.com, Jumat (29/6), juga menulis fitur Ask Me Questions di Instagram sebenarnya berfungsi untuk menanyakan pendapat para pengikut mengenai suatu hal. Kendati begitu, pihak Instagram hingga kini belum mengonfirmasi kegunaan pasti fitur tersebut.

Terlepas dari itu, fitur Ask Me Question cukup mudah digunakan, Millens. Namun, hal pertama yang harus dipastikan adalah kamu sudah memperbarui aplikasi Instagram di ponselmu. Kalau sudah, kamu tinggal membuat Stories seperti biasa, bisa berupa foto atau video. Sebelum disebar, klik menu stiker. Pilih stiker Questions dan muncullah kotak dialog Ask Me Question. Selanjutnya, tulis apa yang mau kamu tanyakan kepada pengikutmu dan unggah. Bila ada pengikut yang menjawab pertanyaanmu, kamu bakal mendapat pemberitahuan dari  Instagram. Sesimpel itu sih.

Salah satu contoh, kamu bertanya tentang rekomendasi bakso enak di Semarang. Nah, pengikutmu di Instagram bisa memberikan rekomendasinya mengenai bakso yang menurutnya enak. Mereka tinggal mengetik jawabannya di kolom type something pada story-mu.

Bagaimana, tertarik mencoba? (IB15/E04)