Jadi Tipe Paling Laris di Dunia, iPhone 8 Ungguli Samsung Galaxy S9 Plus

Hasil riset Counterpoint menunjukkan iPhone 8 menduduki peringkat pertama dalam 10 besar ponsel terlaris di dunia. Berikut ulasannya.

Jadi Tipe Paling Laris di Dunia, iPhone 8 Ungguli Samsung Galaxy S9 Plus
Apple iPhone. (REUTERS/Regis Duvignau)

Inibaru.id – Firma riset pasar Counterpoint Research kembali menerbitkan laporan bulanannya terkait hasil riset ponsel terlaris di dunia. Dalam laporan Mei 2018, iPhone 8 diketahui menduduki peringkat pertama tipe ponsel terlaris di duni melampaui penjualan flagship Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus.

Secara berturut-turut lima merek ponsel dengan penjualan paling tinggi di dunia adalah Apple iPhone 8, Samsung Galaxy S9 Plus, Apple iPhone X, Xiaomi 5A, dan Apple iPhone 8 Plus.

Dilihat dari angka penjualannya, baik iPhone 8 maupun Samsung Galaxy S9 Plus memiliki angka penjualan yang sama, yakni 2,4 persen dari pangsa pasar dunia. Namun, iPhone 8 yang dipilih menduduki peringkat pertama dibanding Samsung Galaxy S9 Plus lantaran Apple merilis ponsel dalam jumlah yang lebih sedikit ketimbang Samsung sehingga penjualannya dinilai lebih efektif.

Selain itu, alasan Apple berhasil menduduki posisi pertama sebagai ponsel terlaris di dunia yakni berkat momentum Piala Dunia 2018. Apple memanfaatkannya dengan menarik perhatian serta minat para pembeli dengan mengambil tema dari Piala Dunia. Promosi ini dinilai berhasil mendongkrak penjualan ponsel tersebut di Eropa dan negara lainnya.

"Apple kembali menempati posisi pertama dengan iPhone 8. Iklan Apple bertema How to shoot on iPhone dengan momentum Piala Dunia ini membantu perusahaan menarik minat pembeli," ungkap analis Counterpoint Pavel Naiya dalam blog miliknya sebagaimana dikutip Kompas.com, Jumat (6/7/2018).

Riset yang dikeluarkan Counterpoint adalah hasil penjualan berdasarkan tipe ponsel saja, bukan berdasarkan penjualan satu merek ponsel secara keseluruhan. Kendati Apple hanya memiliki sedikit jenis tipe ponsel, tapi perusahaan yang berpusat di California itu berhasil mendominasi penjualan. Ada tiga tipe iPhone yang masuk ke dalam sepuluh besar ponsel terlaris di dunia yakni iPhone 8 pada peringkat pertama, iPhone X pada peringkat ketiga, dan iPhone 8 Plus pada peringkat kelima.

Sementara itu, penjualan Samsung mengalami pelemahan di Eropa. Namun, penjualannya tetap stabil di Amerika Serikat. Xiaomi yang merupakan produk asal Tiongkok juga mendapat momentum di Tiongkok dan India. Xiaomi mencatatkan penjualan terbaiknya untuk tipe ponsel Xiaomi 5A dan Xiaomi 5 Plus. Perusahaan ini disebut Counterpoint memiliki penetrasi pasar yang baik untuk pasar ponsel kelas menengah hingga premium di Tiongkok. (IB07/E04)