Berikut Daftar Aplikasi Pemberi Informasi Gempa

Gempa bumi bisa terjadi kapan saja tanpa diduga-duga. Nah, dengan bantuan aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa mendapat informasi terkini bila terjadi gempa atau bencana lain.

Berikut Daftar Aplikasi Pemberi Informasi Gempa
Aplikasi perangkat cerdas. (Tiempo.com)

Inibaru.id – Beberapa bulan terakhir, Indonesia diguncang gempa yang bertubi-tubi. Belum surut duka untuk Lombok, pada Jumat (28/9/2018) gempa ganti mengguncang Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Gempa berkekuatan 7,4 SR itu bahkan memicu tsunami di beberapa titik.

Intensitas gempa yang kerap terjadi dapat dimaklumi karena Indonesia berada di titik pertemuan tiga lempeng tektonik yakni lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Titik pertemuan lempeng yang berada di laut juga sangat memungkinkan gempa yang besar dengan kedalaman yang dangkal dapat menimbulkan tsunami.

Dengan kondisi tersebut, masayarakat Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaanya terhadap kemungkinan bencana yang terjadi. Hingga saat ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan belum ada teknologi yang dapat memprediksi datangnya gempa. Namun, ada banyak aplikasi yang bisa memberikan informasi real-time terkait gempa yang terjadi.

Berikut beberapa aplikasi pemberi informasi gempa bumi untuk perangkat android ataupun iOS yang bisa dugnakan sobat Millens.

Info Gempa dan Cuaca – BMKG


Aplikasi info BMKG. (BMKG)

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang diluncurkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut secara gratis di Play Store ataupun App Store.

Info BMKG bakal memberikan info tentang cuaca yang disajikan tiap jam, memberikan peringatan jika daerahmu akan hujan ataupun panas. Aplikasi ini juga bakal memberikan peringatan dan informasi bila terjadi gempa bumi.

Earthquakes

Earthquakes. (Playstore)

Sesuai dengan namanya, aplikasi Earthquakes hanya fokus memberitakan informasi tentang gempa. Nggak cuma di Indonesia, informasi gempa itu berasal dari seluruh dunia karena aplikasi ini memiliki daftar komprehensif dari 17 sumber informasi kesiapsiagaan gempa internasional. Beberapa sumber informasi itu berasal dari United States Geological Survey (USGS), EU Mediterranean Seismological Centre (EMSC), British Geological Survey (BGS), Geoscience Australia, Natural Resources Canada, dan Japan Meteorological Agency.

Earthquake Alert!

Earthquake alert. (Playstore)

Eartquake Alert hampir sama dengan aplikasi Earthquakes. Hal yang membedakan yakni titik gempa yang ditampilkan sesuai dengan Google Maps sehingga lebih akurat. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengingatkan jarak, durasi, sampai kekuatan dari gempa. Pembaruan informasi bisa diatur setiap 15, 30, atau 60 menit.

My Earthquake Alerts

My Earthquake Alerts. (Playstore)

Sama dengan aplikasi sebelumnya, My Earthquake Alerts memberikan informasi mengenai gempa yang baru saja terjadi. Aplikasi ini menyajikan data dengan membuat daftar gempa yang bisa terdiri atas 100 peristiwa gempa. Daftar tersebut juga dilengkapi dengan lokasi terjadinya bencana itu. Tampilan aplikasi yang sederhana dinilai mudah dipahami.

Latest Quakes

Latest Quakes. (Apkpure)

Aplikasi ini mengurutkan bencana gempa bumi berdasarkan kekuatannya. Jika indikator gempa ada dalam daftar berwarna merah, kekuatan gempa itu terbilang besar. Semakin merah warna indikatornya, gempa dinilai semakin berbahaya.

MyQuake

Myquakes. (Apps Store)

Aplikasi pemberi informasi gempa satu ini hanya bisa digunakan para pengguna iOS. Hampir sama dengan aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan, aplikasi ini juga bisa memetakan gempa bumi yang terjadi di seluruh dunia. Nggak hanya gempa, aplikasi My Quakes juga dapat menghitung intensitas getaran di lokasimu berpijak.

Nah, dengan aplikasi-aplikasi itu, setidaknya kamu bisa menentukan langkah yang tepat bila sewaktu-waktu terjadi gempa di lokasimu. Bila gempa berpotensi tsunami, kamu bisa langsung menuju ke dataran yang lebih tinggi dan jauh dari bibir pantai. Yap, tetap waspada di mana pun kamu berada ya, Millens. (MG12/E04)