Ini Dia 4 Kamera Mirrorless Ciamik Bagi Para Pemula

Easy to use, ngetren, ringkas dijinjing, dan desain yang ergonomis jadi alasan kenapa saat ini banyak anak muda yang demen banget sama kamera jenis ini.

Ini Dia 4 Kamera Mirrorless Ciamik Bagi Para Pemula
Kamera mirrorless. (Foto: mirrorlessrumors.com)

Inibaru.id - Saat kamera saku tak lagi mendukung hasil jepretan yang Anda inginkan, sementara kamera DSLR terlalu besar untuk dibawa ke mana-mana, barangkali kamera mirrorless bisa menjadi pilihan yang tepat.

Easy to use, ngetren, ringkas dijinjing, dan desain yang ergonomis adalah alasan kenapa saat ini banyak anak muda yang demen banget sama kamera jenis ini. Namun demikian, harganya yang kurang terjangkau kadang membuat sebagian orang berpikir ulang untuk memilikinya.

Eits, tapi anggapan mahal juga tak sepenuhnya tepat, lho! Ada juga mirrorless yang harganya cukup terjangkau dengan kualitas yang mumpuni bagi pemula. Yuk, intip info berikut ini!

Baca juga: Sejarah Berulang, Kamera Analog dan Roll Film Ngehits Lagi

1. Xiaoyi M1

Xiaoyi M1 merupakan produk mirrorless keluaran Beijing. Bagi pemula, spesifikasi kamera ini tergolong mumpuni untuk Anda yang gemar foto-foto on the spot. Dibanderol dengan harga antara Rp 4,7 juta hingga Rp 5,2 juta, Xiaoyi M1 mengusung spesifikasi menarik seperti sensor CMOS Four Thirds dengan resolusi 20MP.

Kamera ini juga dilengkapi baterai berdaya tahan hingga 450 kali jepretan, fitur wireless connection, external flash shoe, touch screen, face detection focus, 1040k dots LCD screen resolution, time-lapse recording, dan AE bracketing.

2. Canon EOS M10

Dengan harga antara Rp 5,2 juta hingga Rp 5,6 juta, mirrorless buatan Canon ini juga cocok untuk Anda yang doyan foto beresolusi tinggi tapi enggan merogoh kocek terlalu dalam untuk kamera pro macam DSLR.  Canon EOS M10 ini juga sudah mengusung spesifikasi menarik seperti lensa kit Canon EF-M 15-45mm f/3.5-6.3, LCD tilting berukuran 3inci, ISO 100 hingga 12800, sensor CMOS beresolusi 18MP, dan WiFi.

Baca juga: Festival Kreasi Teknologi Terbesar Indonesia di Festival Habibie 2017

3. Olympus PEN E-PL 6

Dipatok dengan harga kisaran Rp 4,3 jutaan, Anda telah disuguhi fasilitas yang ciamik dalam Olympus PEN E-PL 6 ini. Harganya memang tergolong sangat murah, tapi jangan tanyakan kualitasnya. Fitur-fitur menarik tersaji di kamera ini. Sensor CMOS Micro Four Thirds (17.3 x 13mm), resolusi mencapai 16MP, maksimum ISO hingga 25600, adalah beberapa fasilitas yang Anda dapatkan dari kamera ini.

Lebih dari itu, satu hal paling menarik dari kamera ini adalah ukurannya yang cukup “mini”, hanya seukuran 2,5 x 4,4 x 1,5 mm saja. Sudah barang tentu kamera ini juga ringan dijinjing.

Baca juga: Wow! Canggih! Telah Terpasang Kabel Laut di Sepanjang Indonesia - AS

4. Nikon 1 J5

Sudah menjadi rahasia umum jika Canon dan Nikon selalu bertentangan. Ketika Canon punya EOS M10, Nikon juga memiliki Nikon 1 J5 yan dibandrol seharga Rp 4,8 jutaan rupiah. Untuk sekelasnya, harga ini tergolong murah. Berbagai spesifikasi mumpuni seperti sensor CMOS 13.2 x 8.9mm beresolusi 20.8MP akan memanjakan Anda. Kemudian, prosesor EXPEED 5A dan layar LCD tilting dengan ukuran 3inci, built-in WiFi, dan NFC, juga akan membuat hobi memotret Anda lebih menyenangkan. (GIL/IB)