Pedagang Indonesia Kuasai Pasar Online Asia

Pedagang online Indonesia menjadi salah satu yang mendominasi pasar online di Asia. Mereka menempati urutan pertama lapak di Instagram dan urutan kedua di Line, Facebook, dan Whatsapp .

Pedagang Indonesia Kuasai Pasar Online Asia
Pedagang online Indonesia kuasai pasar asia. (Sosyalkafa.net)

Inibaru.id - Pedagang Indonesia mendominasi pasar online di Asia. Di Instagram, pedagang Indonesia memuncaki urutan lapak terbanyak. Sementara itu, di Line, Facebook, dan Whatsapp para pedagang Indonesia menempati posisi kedua.  

Menurut laporan yang dihimpun perusahaan layanan jasa transfer uang secara elektronik PayPal, saat ini pertumbuhan akses internet di Asia telah mencapai 92 persen dengan kepemilikan ponsel pintar mencapai 88 persen seperti ditulis Kompas.com, Senin (24/9/2018).

Data tersebut dihimpun dari 4000 konsumen dari tujuh wilayah Asia yaitu China, India, Hongkong, Singapura, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Riset ini juga melibatkan para pedagang usaha kecil dan menengah.

Dalam laporan itu, sebanyak 67 persen dari orang Asia hobi berbelanja secara online. Hal ini dipengaruhi dengan kebiasaan pedagang yang menggelar lapaknya di media sosial untuk mempromosikan produk dan jasanya.

Instagram menjadi platform terfavorit yang dimanfaatkan para pedagang online Indonesia untuk mempromosikan produknya. Indonesia menempati urutan teratas dengan persentase sebanyak 72 persen.

Selain Instagram, pedagang Indonesia juga menjajakan produk dan jasanya di Facebook, Millens. Di Facebook, pedagang Indonesia menempati posisi kedua dengan persentase 92 persen, di bawah Filipina yang mencapai 94 persen.

Nggak hanya itu, Whatsapp juga menjadi platform populer favorit pedagang online. Aplikasi ini digemari 76 persen pedagang online Indonesia yang menempati peringkat kedua setelah India dengan persentase 83 persen.

Sementara itu, media sosial buatan Jepang Line juga banyak digunakan pedagang Indonesia. Sebanyak 50 persen pedagang Indonesia menggunakan Line. Jumlah ini lebih kecil dibanding Thailand dengan jumlah 74 persen.

Hm, nggak heran kalau habis gajian, uangmu langsung ludes gara-gara kalap lihat produk di jejaring sosial ya, Millens. Ha-ha. (MG14/E04)