Mulai November Nanti, Data Cadangan Whatsapp Nggak Termasuk dalam Kuota Penyimpanan Google Drive

Mulai November Nanti, Data Cadangan Whatsapp Nggak Termasuk dalam Kuota Penyimpanan Google Drive
Whatsapp akan meluncurkan pembaruan pada 12 November nanti. (Peru.com)

Mulai bulan depan, Whatsapp akan memperbarui fitur-fitur mereka termasuk backup data. Nanti, backup data Whatsapp nggak bakal mempengaruhi jatah penyimpanan Google Drive.

Inibaru.id – Aplikasi perpesanan Whatsapp bakal menggulirkan sejumlah kebijakan baru. Sistem pencadangan (backup) data menjadi salah satu hal yang dikenai pembaruan. Nanti, data Whatsapp yang dicadangkan ke Google Drive nggak bakal berpengaruh pada jatah penyimpananmu di sana.

Kebijakan ini rencananya bakal digulirkan pada 12 November mendatang. Selain nggak mempengaruhi kuota penyimpanan Google Drive, data Whatsapp yang belum diperbarui lebih dari satu tahun juga bakal dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive.

Nah, kalau kamu nggak pengin kehilangan data, sebaiknya segera cadangkan datamu secara manual sebelum 12 November, Millens.

“Tapi ini tidak berlaku untuk perangkat Apple, karena mereka memanfaatkan iCloud untuk tujuan yang sama,” tulis pihak Whatsapp di akun Twitternya WABetaInfo.

Selain menyarankan pengguna untuk menyimpan data secara manual, Whatsapp juga dikabarkan bakal menambah fitur mode gelap pada pembaruan itu. Mode gelap ini berfungsi untuk mengubah ikon, menu, dan latar belakang menjadi gelap. Ini bertujuan untuk mengurangi efek menyilaukan bagi pengguna saat menggunakan aplikasi dalam kondisi yang minim cahaya.

Sebelum memperkenalkan pembaruan ini, Whatsapp juga sempat memantik kontroversi dengan isu bakal melakukan monetisasi pada tahun depan. Isu ini diperkuat dengan keluarnya pendiri Whatsapp Jan Koum dan Brian Acton beberapa waktu lalu.

Wah, semoga pembaruan Whatsapp bulan depan nggak memicu lebih banyak kontroversi ya, Millens. (IB15/E04)