Hati-Hati, Ada yang Jahat di 50 Aplikasi Gratis Ini

 Malware ExpensiveWall bersembunyi di dalam aplikasi gratis yang Anda unduh melalui Google Play Store. Dari namanya terketahui ia bersifat merusak.

Hati-Hati, Ada yang Jahat di 50 Aplikasi Gratis Ini
Ilustrasi Malware menyerang ponsel pintar berbasis Android. (Foto: Dok. Istimewa)

Inibaru.id - Apakah Anda pengguna ponsel pintar Android dan gemar mengunduh berbagai aplikasi melalui Google Play Store? Ada baiknya sekarang Anda sedikit mengerem kebiasaan itu karena kabar tidak menyenangkan baru saja diungkap oleh sebuah perusahaan keamanan, Check Point. Perusahaan tersebut mengungkapkan temuan terbaru yang menyebutkan beberapa aplikasi gratis di Google Play Store menyembunyikan malware berbahaya di dalamnya.

Ya, ada sekitar 50 aplikasi di Google Play Store yang menyembunyikan malware berbahaya. Aplikasi tersebut sudah diunduh satu juta hingga 4,2 juta kali oleh pengguna yang tak tahu soal malware.

Baca juga: Tau Gak Sih, Penelusuran Suara Berbahasa Jawa dan Sunda Sudah Dikenali Google Lho!

Malware yang dimaksudkan ini menyamarkan diri sebagai wallpaper gratis serta aplikasi edit foto dan video. Malware ini kemudian diam-diam mendaftarkan pengguna ke layanan berbayar atau mengirim pesan teks palsu yang meminta korbannya membayarkan sebuah uang. Tidak hanya itu, program jahat yang ada di dalam aplikasi bisa mengunggah nomor telepon, lokasi, dan pengenal perangkat keras unik ke server yang dikendalikan oleh penyerang.

Nama malware itu adalah ExpensiveWall. Nama itu berasal dari salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh, yakni LovelyWall.  ExpensiveWall merupakan malware jenis baru yang sebelumnya ditemukan McAfee pada Januari 2017 di Google Play Store.

Baca juga: Google Drive bakal Dimatikan 2018, Pengguna Diminta Back-up Data

Saat mengetahui hal itu, Check Point sebagai perusahaan keamanan langsung melaporkan temuannya kepada Google. Untunglah, Google langsung mengambil tindakan dengan langsung menghapusnya dari Play Store.

Meski begitu, aplikasi ini mampu mengelabui sistem Google Play Protect yang seharusnya mendeteksi aplikasi atau software berbahaya setelah dipindai. Hal itu terjadi karena cara kerja malware ini dapat mengompres atau mengenskripsi data sebelum diunggah ke Google Play Store.  

Jika Anda sudah pernah mengunduh aplikasi yang terdapat malware ini dan kemudian menghapusnya, bisa jadi internet di ponsel Anda masih berpotensi terinveksi malware ExpensiveWall ini. Segera bersihkan ponsel Android Anda dari aplikasi-aplikasi yang membawa program jahat itu. Untuk daftar 50 aplikasi yang mengandung malware tersebut Anda bisa menilik di alamat blog.checkpoint.com. (OS/SA)