Google Makin Digemari Selama Ramadan

Google makin diminati jelang ramadhan, ini alasannya

Google Makin Digemari Selama Ramadan

inibaru.id - Ramadan selalu menjadi bulan yang spesial. Di bulan ini banyak kebiasaan yang berubah, terutama bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya kebiasaan di dunia nyata saja, tapi juga kebiasaan di dunia maya. Banyak netizen yang berselancar di dunia maya, baik untuk menjelajah di media sosial hingga sibuk “mencari” dengan Google.

Berdasar pantauan Google Indonesia, volume pencarian di mesin pencari Google meningkat dua kali lipat saat Ramadan dibandingkan dengan bulan biasa.

"Di Indonesia, Ramadan sangat dirayakan. Kebiasaan pun berubah saat Ramadan," kata Ariani Dwijayanti, seorang Analis Industri Google Indonesia.

Menurut data yang didapat Google pada 2016, tren pencarian di Google saat Ramadan selalu menunjukkkan peningkatan sejak 2014 hingga 2016. Pada 2016 disebutkan bahwa terjadi peningkatan sebanyak 28 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Peningkatan tersebut bisa dibilang wajar. Pasalnya, peningkatan tersebut dipicu penetrasi internet yang semakin tinggi dan juga harga ponsel yang bersahabat sehingga menimbulkan peningkatan pencarian di perangkat mobile.

"83 persen pencarian di Google Search dari ponsel," ujar Ariani.

Pencarian selama Ramadan paling banyak terjadi biasanya saat minggu pertama bulan puasa dan mendekati Hari Raya Idul Fitri. Google Indonesia mencatat sedikit perubahan kata kunci di mesin pencari pada Ramadan 2015 dan 2016.

Pada 2015, "tiket kereta" berada di urutan teratas pencarian, diikuti oleh "tutorial hijab" dan "tiket pesawat". Sementara pada Ramadan 2016, "Al Quran" menjadi yang paling banyak dicari, tahun sebelumnya kata kunci tersebut berada di urutan 29.

"Mereka mencari Al Quran online atau konten yang terkait," tambahnya.

"Tiket kereta" merupakan kata kunci pencarian terbanyak kedua, banyak dicari tiga bulan sebelum Ramadan, bertepatan dengan penjualan tiket untuk libur Lebaran dari PT KAI. Biasanya pencarian tiket kereta api kembali bertambah ketika KAI membuka kuota tiket tambahan. Setelah tiket kereta habis terjual, pengguna internet beralih ke "tiket pesawat". Dan kata kunci tersebut menjadi kata kunci terbanyak ketiga yang kerap dicari netizen selama ramadan. (IP)