Gondol 14 Penghargaan Kompetisi Robotik di Taiwan, Indonesia Pertahankan Predikat Juara Umum

Pertahankan juara umum, mahasiswa ITS berhasil sabet 14 penghargaan di ajang robotik FIRA CUP di Taiwan. Bikin bangga deh.

Gondol 14 Penghargaan Kompetisi Robotik di Taiwan, Indonesia Pertahankan Predikat Juara Umum
Tim Robotik Indonesia raih 14 penghargaan di FIRA CUP. (Foto: Kemenristekdikti)

Inibaru.id - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memang sudah lama dikenal sebagai perguruan tinggi yang mencetak begitu banyak ilmuan muda kreatif dengan berbagai temuan membanggakan. Tak hanya membanggakan bagi almamaternya, tapi juga untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Baru-baru ini sekelompok mahasiswa dikabarkan berhasil meraih 14 penghargaan dalam kompetisi Federation of International Robot-Soccer Association Humanoid Robot Cup (FIRA Cup) di Taiwan. Kompetisi yang berlangsung sejak tanggal 23 hingga 27 Agustus lalu ini digelar di salah satu kota di Taiwan, Kaohsiung.

Dilansir dari GNFI, prestasi membanggakan ini dicetak para anak bangsa yang berlaga dalam kompetisi robot internasional FIRA Cup. Tim Robot Ichiro dari ITS berhasil menggondol 14 penghargaan dalam kompetisi tersebut. Pencapaian 14 penghargaan itu sukses menempatkan Tim Ichiro sebagai juara umum dalam ajang ini.

Baca juga: Spion Otomatis Ini bakal Cegah Curanmor dan Lakalantas

Mengirimkan tiga tim yang terdiri dari Tim Ichiro 1, 2 dan 3, ITS sukses menempati posisi tertinggi dari setiap kategori yang ada. Tim Ichiro 1 menjadi juara 2 United Soccer Kid Size, juara 2 Weightlifting Kid Size, serta juara 2 halang rintang Kid Size yang akhirnya menempatkan mereka sebagai juara umum peringkat 3 kategori Kid Size.

Sementara itu, Juara Umum Peringkat 1 Kid Size juga diraih oleh ITS lewat Tim Ichiro 2 yang menjadi juara 1 Mini DRC Kid Size, juara 1 United Soccer Kid Size, Juara 1 Sprint Kid Size dan Juara 3 Halang Rintang Kid Size.

Tim Ichiro 3 melengkapi rentetan juara dengan meraih juara 2 Mini DRC adult Size, juara 2 Sprint Adult Size, juara 2 Halang Rintang Adult Size dan juara 3 marathon Adult Size yang akhirnya menempatkan Ichiro 3 sebagai juara umum peringkat 3 untuk kategori adult size.

Pencapaian ini merupakan pengulangan dari apa yang diraih tahun lalu. Dalam kontes yang sama di tahun 2016 silam, tim ITS berhasil pulang dengan 10 penghargaan.

Adanya peningkatan jumlah penghargaan yang dicapai pada tahun ini merupakan sebuah prestasi yang patut dibanggakan dari anak-anak bangsa yang berlaga di kancah internasional.

Baca juga: Mahasiswa UNY Temukan Alat Detektor Formalin Lewat Ponsel

Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Didin Waidin dalam siaran persnya menyatakan kebanggaannya akan kemenangan yang diraih oleh Tim Ichiro ITS tersebut.

"Hal Ini semakin memperkuat kepercayaan diri anak-anak bangsa dan optimis bahwa bangsa ini adalah bangsa besar yang siap memenangkan persaingan di masa yang akan datang. Terima kasih ITS. Hidup mahasiswa ITS! Hidup mahasiswa Indonesia!" ungkapnya.

Sementara itu, Pembina UKT Robotika ITS, Muhtadin mengungkapkan harapannya bahwa kemenangan tersebut tetap menjadikan Tim Ichiro rendah hati namun menjadi pemicu semangat besar untuk berkompetisi dan membawa nama baik Indonesia di kancah internasional.

"Kami mengharapkan semangat ini menular ke tim-tim robot yang lain sehingga nama Indonesia menjadi besar dalam bidang Robotika. Kami juga mengharapkan ada sinergi antara tim-tim robot yang dimediasi oleh kementerian sehingga percepatan penguasaan teknologi robot dapat dicapai, dan semakin banyak tim-tim robot yang hebat," tuturnya. (OS/IB)