Fitur "Batalkan Pengiriman" Digulirkan ke Aplikasi Gmail di Android

Fitur
New Interface Gmail. (Androidauthority.com)

Pengguna Gmail di Android kini bisa menggunakan fitur "Batalkan Pengiriman". Sebelum ini, fitur tersebut hanya bisa dinikmati penggun Gmail di desktop.

Inibaru.id – Kini, pengguna Gmail di Android bisa menikmati fitur “Batalkan Pengiriman” atau “Undo Send”. Fitur itu sebenarnya bukan fitur baru. Beberapa tahun terakhir, fitur tersebut sudah tersedia bagi pengguna Gmail di desktop.

Namun, Gmail baru memperluas fitur tersebut di versi mobile. Mereka memulainya dengan menyediakan fitur itu bagi pengguna Android seperti ditulis Kompas.com, Selasa (21/8/2018).

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah. Kamu hanya perlu memperbarui aplikasi Gmail ke versi 8.7. Setelah diperbarui, kamu langsung bisa menggunakan fitur ini.

Bila ada surat elektronik yang pengin kamu batalkan, kamu bisa menekan pilihan “Undo” atau “Urungkan” di sisi kanan bawah. Setelah membatalkan pengiriman email, tampilan Gmail secara otomatis akan mengarahkan kembali ke “Compose” untuk menulis email baru.

Tentu saja, kamu bisa memilih untuk langsung keluar dari aplikasi Gmail atau menulis surat elektronik (surel) baru untuk dikirim kembali.

Eits, tapi fitur ini hanya berlaku selama 10 detik pasca kamu mengirim surel. Jika lewat dari waktu tersebut, pesan nggak dapat ditarik lagi.

Semakin mudah ya, Millens. Kalau kamu salah mengirim dokumen atau salah menulis alamat surel, kamu bisa membatalkan surel itu dan segera memperbaikinya. Patut dicoba nih! (MG12/E04)