Fitur Baru Whatsapp, Admin Grup Dipersulit Mengundang Anggota yang Sudah Keluar Dua Kali

Fitur baru WhatsApp memungkinkan kamu yang sudah keluar (left group) lebih dari dua kali sulit diundang ulang admin grup. Ada notifikasi khusus saat admin mencoba menambahkan ulang.

Fitur Baru Whatsapp, Admin Grup Dipersulit Mengundang Anggota yang Sudah Keluar Dua Kali
Fitur Proteksi WhatsApp.(blog.situstarget.com)

Inibaru.id – Pernah nggak sih, tiba-tiba Sobat Millens dimasukkan kembali ke dalam grup Whatsapp yang sudah ditinggalkan? Padahal grup itu mungkin nggak penting buat kamu dan malah menimbulkan spam saja. Nah, untuk mencegah hal tersebut, Whatsapp kini meluncurkan fitur baru yang memungkinkan kamu untuk keluar permanen dari grup. Fitur tersebut merupakan fitur proteksi untuk mempersulit proses admin Whatsapp mengundang ulang anggota grupnya yang sudah keluar (left group) lebih dari dua kali.

Sebuah jendela notifikasi bakal muncul bila admin grup berusaha mengundang kembali anggota yang sudah keluar dari grup lebih dari dua kali.

 “Anda tidak bisa menambahkan (nama orang yang diundang) karena dia belakangan sudah meninggalkan grup. Coba lagi di kemudian waktu,” bunyi pesan tersebut seperti ditulis Kompas.com, Rabu (16/5/2018).

Nggak dijelaskan secara pasti berapa lama waktu yang diperlukan sebelum mantan anggota grup Whatsapp bisa diundang lagi. Namun, ada kemungkinan anggota bisa keluar secara permanen.

Selain mempersulit admin grup mengundang kembali anggota yang keluar, Whatsapp juga menambahkan sejumlah fitur baru untuk Groups. Pertama, Group Description yakni berupa informasi tentang aktivitas grup yang akan ditampilkan di layar ponsel pengguna baru.

Anggota grup kini juga bisa melakukan pencarian nama anggota grup di laman Group Info. Lalu, ada juga tombol “@“ baru di pojok kanan bawah yang bisa dipakai untuk langsung melihat pesan-pesan dengan mention nama pengguna di dalam obrolan grup.

Kepada TechCrunch, seorang juru bicara Whatsapp mengatakan, fitur-fitur itu ditambahkan berdasarkan permintaan dari pengguna.

“Kami mengembangkan produk dari apa yang pengguna inginkan dan butuhkan,” sebutnya.

Fitur-fitur baru tersebut selengkapnya dapat dilihat di laman Whatsapp di tautan berikut https://blog.whatsapp.com/10000640/New-Features-for-Groups. Semua fitur baru yang diluncurkan itu dibuat untuk pengguna Whatsapp di iOS atau Android.

Wah, enak nih Millens. Kini, kamu bisa terhindar dari grup yang nggak kamu sukai. Namun, bagi kamu yang sering keluar dari grup karena mengalami kegalatan, harus berhati-hati. Bila lebih dari dua kali, kamu bisa saja nggak dapat masuk ke grup itu lagi. (IB07/E04)