Instagram Ditinggalkan Dua Pendirinya

Pendiri Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger secara resmi mengumumkan pengunduran diri. Mereka diduga mengambil keputusan ini lantaran nggak puas dengan skema bisnis bersama Facebook.

Instagram Ditinggalkan Dua Pendirinya
Pendiri Instagram Mike Krieger dan Kevin Systrom mengundurkan diri. (Bestmediainfo.com)

Inibaru.id – Pendiri Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger mengonfirmasi pengunduran diri mereka dari Instagram pada Senin (24/9/2018). Melalui blog Instagram, Kevin mengungkapkan alasannya berhenti dari jejaring sosial asal Amerika Serikat yang membesarkan namanya itu.

“Mike dan saya berterima kasih atas delapan tahun bersama Instagram dan enam tahun bersama Facebook. Kami tumbuh dari 13 orang menjadi lebih dari seribu kantor di seluruh dunia. Sementara produk-produk yang kami kembangkan digunakan dan dicintai lebih dari 1 miliar orang. Kami kini bersiap untuk perjalanan kami berikutnya,” tulis Kevin Systrom.

Lelaki lulusan Stanford University ini juga membeberkan rencananya ke depan usai mundur dari Instagram.

“Kami berencana meninggalkan Instagram untuk mengeksplorasi keingintahuan dan kreativitas kami lagi. Membangun hal-hal baru yang mengharuskan kami mengambil langkah mundur, memahami apa yang menginspirasi kami, dan menyesuaikan dengan yang dibutuhkan dunia. Itulah rencana yang kami tempuh,” terang Kevin.

Kendati telah mengonfirmasi alasan mereka mengundurkan diri, sejumlah pihak menduga konflik internal menjadi alasan sesungguhnya Systrom dan Krieger seperti ditulis Theverge.com, Selasa (25/9). Konflik ini diduga bermula ketika Facebook sebagai induk perusahaan Instagram dianggap terlalu ikut campur dalam pengembangan dan kebijakan Instagram.

Selain itu, keputusan CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk mengatur ulang susunan divisi juga diduga menjadi pemicu konflik ini. Jika sebelumnya Systrom bisa melaporkan perkembangan Instagram langsung pada Zuckerberg, kini dia harus melaporkannya pada Chief Product Officer Facebook Christopher Cox.

Sebagai salah satu anak emas Facebook, Instagram mengalami kemajuan yang luar biasa di tangan Systroam dan Krieger. Dengan adanya perubahan ini, hubungan Systrom dan Zuckerberg dikabarkan memburuk.

Systrom dan Krieger bukan orang pertama yang mundur dari perusahaan yang diakuisisi Facebook. Pada Mei lalu, pendiri dan CEO Whatsapp Jan Koum mengambil langkah serupa. Keputusan Koum memicu spekulasi dirinya nggak puas dengan skema bisnis yang diterapkan perusahaan Zuckerberg. Lelaki asal Ukraina ini juga dikabarkan kecewa lantaran Zuckerberg mengabaikan keamanan data pengguna.

Hingga hari ini, Zuckerberg belum memberi tanggapan terkait hengkangnya Systrom dan Krieger. Semoga, keputusan ini nggak memicu konflik yang lebih besar ya, Millens. (IB15/E04)