Dapat Bantuan, Siswa Sekolah Ini Bisa Praktik Belajar Komputer

Unggahan Akoto di medsos yang tersebar luas berhasil menarik simpati banyak kalangan. Murid-murid di sekolahnya kini bisa belajar dengan komputer sungguhan.

Dapat Bantuan, Siswa Sekolah Ini Bisa Praktik Belajar Komputer
Akoto mengajarkan komputer kepada muridnya melalui gambar di papan tulis (qz.com)

Inibaru.id – Sempat viral karena salah seorang guru menggambar Microsoft Word di papan tulis, Sekolah Menengah Pertama Betanese kini mendapat bantuan dari berbagai kalangan. Sekolah ini bahkan mendapat bantuan komputer dari Microsoft.

Beberapa waktu lalu, foto salah seorang guru di SMP Betanese, Akoto viral di media sosial. Dalam foto itu, Akoto tampak menggambar tampilan Microsoft Word di papan tulis untuk mengajarkan pengoperasian komputer kepada muridnya yang berjumlah 100 orang. Hal ini lantaran sekolah tersebut nggak memiliki komputer sejak 2011.

Kondisi itu mendapat respons dari berbagai pihak. Alhasil, sejumlah pihak memberikan bantuan kepada sekolah yang terletak di Sekyedomase, Ghana ini.

Baca juga:
Microsoft Bantu Sekolah di Ghana
Facebook dan Instagram Punya Pesaing Besar

Kompas.com, Senin (19/3/2018), menulis, saat ini murid SMP Betanese sudah bisa merasakan bagaimana melihat tampilan dan cara mengoperasikan Microsoft secara langsung. Ini karena banyak donatur yang menyumbangkan sejumlah komputer dan laptop untuk sekolah ini.

Salah seorang donatur itu adalah Amirah Alhartini, seorang mahasiswa PhD Universitas Leeds, Inggris yang berasal dari Arab Saudi.

“Saya selalu belajar dari Islam, bahwa ilmu yang bermanfaat sangat penting bagi diri sendiri dan kemanusiaan,” jelas Amirah.

Amirah juga menambahkan, setiap orang sebenarnya memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan. Hal itulah yang menggerakkan hatinya untuk membantu sekolah tempat Akoto mengajar.

“Saya juga berpikir betapa banyak orang jenius yang hilang karena oang-orang tersebut nggak memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing dengan orang lain, dan itu membuat saya sedih,” pungkasnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Pusat Pelatihan Komputer, NIIT Ghana yang berbasis di Accra. Lembaga itu  juga menyumbang lima unit komputer desktop dan tiga buku TIK untuk sekolah, serta sebuah laptop untuk Akoto.

Nggak hanya itu, Kepala Bisnis NIIT Yaw Amoateng dan Senior Manajer Sanjeev Mishra itu pun mengunjungi Sekyedomase untuk memberikan perlengkapan kelas.

Baca juga:
Supermodel Virtual Itu Bernama Shudu Gram
Blackberry Tuduh Facebook dkk Langgar Paten

Ashish Kumar, Manajer NIIT, mengungkapkan kalau pihak mereka simpati setelah melihat foto-foto Akoto menggambar tampilan Microsoft Word yang ramai tersebar di media sosial (medsos) dan media massa.

“Kami mencetak berita itu (foto Akoto), menempelkannya di papan pengumuman dan membaginya dengan CEO kami, Kapil Gupta,” ucap Kumar.

Perkembangan teknologi yang pesat nyatanya nggak merata di berbagai belahan dunia ya, Millens. Masih ada lo warga yang belum menggunakan teknologi seperti yang terjadi di Ghana. Nah, kamu yang lebih melek teknologi harus bersyukur dan memanfaatkan teknologi itu sebaik mungkin. Setuju? (MEI/IF)