Simpan Kenanganmu di Path dengan Cara Berikut!

Simpan Kenanganmu di Path dengan Cara Berikut!
Path akan segera ditutup. (Path)

Jejaring sosial Path bakal ditutup pada Oktober mendatang. Nah, bagi kamu yang pengin menyimpan kenangan yang ada di Path, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya.

Inibaru.id – Platform jejaring sosial Path bakal ditutup pada Oktober 2018. Aplikasi ini juga nggak akan kamu jumpai lagi di App Store dan Googe Play mulai 1 Oktober mendatang. Para pengguna pun sudah nggak bisa mengakses aplikasi ini mulai 18 Oktober 2018.

Kabar mengejutkan ini sontak membuat para penggunanya sedih. Mereka yang merasa kehilangan lantas berbondong-bondong mengunggah kenangannya bersama Path di media sosial lain seperti Instagram.

Nah, kalau kamu salah satu di antara mereka dan nggak pengin kenanganmu di Path hilang, jangan khawatir. Kamu masih bisa menyalin (backup) datamu seperti teks, foto, dan video sebelum 10 Oktober nanti, kok.

Kompas.com, Senin (17/9/2018), menulis, Path memberikan dua cara menyalin data yaitu melalui desktop dan mobile. Bila kamu hendak menyalin dari desktop, buka tautan “Backups” melalui https://path.com/settings.backups. Setelah membuka tautan itu, kamu diharuskan login (masuk) terlebih dahulu ke akun Path. Selanjutnya, masukkan alamat pos-el (e-mail) yang kamu gunakan dan Path akan mengirim semua data salinan ke alamat tersebut.

Selain dari desktop, kamu juga bisa menyalin data Pathmu dari ponselmu, Millens. Eits, tapi pastikan dulu Path yang kamu gunakan adalah versi terbaru, ya. Kalau sudah, kamu cukup login dan membuka menu Settings. Di menu itu, kamu bakal menemui pilihan “Backup” dan diminta memasukkan alamat pos-el untuk dikirimkan data salinan.

Sementara itu, bagi kamu yang merupakan pelanggan premium, kamu juga bisa mengajukan refund atau pengembalian dana. Bagi pengguna Android, kamu cukup mengirimkan pos-el ke service@path.com untuk minta pengembalian uang. Nanti, kamu akan dimintai alamat pos-el Path dan nomor transaksi Google.

Untuk melihat nomor transaksi itu, kamu bisa masuk ke situs https://pay.google.com/payments/u/1/home. Setelah itu, kamu akan mendapat balasan dari pihak Path dalam 14 hari kerja. Mengenai tahapan pengembalian uang, kamu bisa mengeceknya di https://play.google.com/store/account?feature=gp_receipt.

Nah, bagi kamu pengguna iOS, kamu bisa mengunjungi laman https://expresslane.apple.com/GetproductgroupList.action. Selanjutnya, pilih perangkat yang kamu pakai untuk mengakses Path (iPhone, iPad, dll). Pilih “Subscriptions & Purchases” lalu tekan “The Topic is not Listed”. Jelaskan situasimu, lalu pilih “Email” untuk mendapat respons dari Apple. Pastikan Kamu mencantumkan nama lengkap, alamat pos-el, Apple ID, beserta nomor transaksi yang akurat di pos-el.

Persiapkan dari sekarang sebelum kamu menyesal, Millens. Good bye, Path! (MG12/E04)