Wali Kota Semarang Kenalkan Becak 2.0

Proyek inovasi kendaraan roda tiga bertenaga listrik mulai diperkenalkan. Kendaraan yang disebut "Becak Next Generation" itu dipamerkan saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia di halaman Balai Kota Semarang pada Jumat (17/8/2018).

Wali Kota Semarang Kenalkan Becak 2.0
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menunjukkan prototipe kendaraan yang disebutnya "Becak Next Generation" di sela-sela peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 RI, di halaman Balai Kota Semarang, Jumat (17/8). (Foto: Dok Humas Setda Kota Semarang)

Inibaru.id – Proyek inovasi kendaraan roda tiga bertenaga listrik mulai dikembangkan salah satu perusahaan otomotif di Semarang, Jawa Tengah. Prototipe kendaraan yang disebut Becak 2.0 atau Becak Next Generationitu sudah diperkenalkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di sela-sela peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Balai Kota Semarang pada Jumat (17/8/2018).

“Nama project ini adalah Tiga Roda Indonesia. Kalau boleh saya sebut sih ini 'Becak 2.0' atau 'Becak Next Generation'," ungkap Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi seperti ditulis Antaranews.com pada (17/8).

Becak 2.0 ini sama dengan becak pada umumnya, mempunyai roda tiga dan mampu mengangkut tiga orang dengan satu pengemudi dan dua penumpang. Namun, yang membedakan adalah tenaga penariknya. Kalau becak biasa dijalankan dengan tenaga manusia, Becak 2.0 dijalankan dengan tenaga listrik.

Kendaraan berlogo Semarang Hebat ini direncanakan beroperasi di beberapa destinasi wisata di Semarang untuk melayani wisatawan.

"Seperti becak yang ada di Kota Semarang saat ini, project ini akan kami proyeksikan untuk kendaraan wisata di Kota Semarang," jelas Hendi.

Kendati demikian, Becak 2.0 ini masih dalam proses pengembangan. Pengembang juga masih perlu mengurus beberapa dokumen agar nantinya Becak 2.0 benar-benar bisa bermanfaat untuk masyarakat. Karena itu, kendaraan tersebut belum dapat dioperasikan dalam waktu dekat.

Wah, asyik nih becaknya kekinian. Semoga Becak Next Generation bisa segera beroperasi dan dapat diterima masyarakat Semarang. (MG12/E04)