Asus ROG Phone Dirilis, Berikut Speknya

Kabar gembira buat kamu para gamers. Asus akhirnya meresmikan peluncuran ROG Phone sebagai smartphone gaming pertamanya yang punya sistem pendingin khusus supaya hardware-mu tetap dingin. Cek spesifikasinya berikut.

Asus ROG Phone Dirilis, Berikut Speknya
Asus ROG Phone. (Anaksantai.com)

Inibaru.id – Setelah beredar rumor soal smartphone gaming-nya beberapa waktu lalu, Asus akhirnya resmi meluncurkan smartphone gaming pertamanya dengan brand ROG (Republic of Gamers) pada perhelatan Computex 2018 di Taipei, Taiwan. Ponsel gaming besutan Asus ini siap bersaing dengan Xiaomi Black Shark dan Razer Phone.

TechRadar.com, Selasa (5/6/2018) menulis, ROG Phone ini bakal menjadi smartphone gaming pertama di dunia yang menggunakan sistem pendingin khusus. Tujuan adanya sistem pendingin itu adalah untuk menjaga suhu perangkat kerasnya agar tetap stabil ketika kamu sedang memainkan gim.

Asus juga menambahkan beberapa aksesori seperti Aero Active Cooler yang dipasang di sisi samping sebagai pendingin ekstra, game controller, hingga mobile dock untuk mengubah ponsel menjadi seperti PC.

Fitur lain yang ditawarkan ROG Phone ini adalah layar AMOLED yang berukuran 6 inci atau 2160x1080 piksel. Dengan resolusi itu, layar gawai mendukung konten-konten gim yang HDR dan refresh rate 90Hz dengan response rate 1ms. Nggak hanya itu, warna dan rasio kontras AMOLED juga lebih tinggi dibandingkan LCD.

Asus bahkan berani menjamin nggak akan ada lag atau gerakan patah-patah yang bakal dialami pengguna selama bermain gim. Ini karena ROG phone dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 mobile platfrom, kecepatan CPU hingga 2,96 Ghz, dan dikombinasikan dengan GPU Adreno 630.

Kapasitas baterainya juga cukup besar, yakni 4000 mAh sehingga kamu nggak perlu lagi khawatir ponselmu tiba-tiba mati karena kehabisan baterai. Sementara itu, gawai ini memiliki kapasitas RAM sebanyak 8GB dengan dua pilihan memori internal, yaitu 128 atau 512 GB.

Dari segi kamera, ponsel ROG berkemampuan 8MP di depan dan 12MP/8MP ultra-wide di belakang. Selain itu, terdapat juga pemindai sidik jari di bodi belakang smartphone dan dua port USB Type-C yang terpasang di bagian bawah smartphone dan di bagian samping perangkat.

Ponsel ini juga lebih kekinian karena menggunakan tampilan berupa ROG Gaming UI yang berbasis Android Oreo, Millens.

Kompas.com, Senin (4/6/2018) menulis, menurut Muhammad Firman Head of Public Relation and E-Marketing Asus Indonesia, ponsel ini rencananya akan dibawa masuk ke Indonesia paling cepat pada Desember mendatang. Ini disebabkan adanya proses yang cukup panjang untuk memasukkan ponsel ini ke pasar Indonesia.

"Kemungkinan besar masuk, tapi ya itu, paling cepat mungkin akhir tahun ini," ungkapnya.

Namun, hingga kini Asus global maupun Asus Indonesia masih enggan berbicara soal harga. Hal itu karena produk ini belum benar-benar final, masih ada beberapa aspek yang perlu diperhitungkan untuk menentukan besaran harganya.

Sabar ya, Millens. Semoga Desember nanti, ponsel ini sudah hadir di Indonesia agar para gamers nggak gigit jari. (IB07/E04)