Apple Resmi Dirikan Pusat Riset di Tangerang Selatan

Apple secara resmi mendirikan pusat riset dan pengembangan pertama di Indonesia yang berlokasi di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan. Di Indonesia, Apple berencana menginvestasikan perusahaannya hingga mencapai Rp 586 miliar.

Apple Resmi Dirikan Pusat Riset di Tangerang Selatan
Perusahaan Apple. (Kompas.com)

Inibaru.id - Apple telah meresmikan pembukaan pusat riset dan pengembangan (research adn development) pertamanya di Indonesia pada Senin (7/5/2018). Perusahaan yang akan diberi nama Apple Innovation Center itu berdiri di atas lahan seluas 1.500 meter persegi yang berlokasi di Green Office Park Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

Peresmian ini dihadiri pula oleh Menteri Perindustrian (Menperin) RI Airlangga Hartato dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara. Pemerintah berharap masuknya perusahaan Apple ke Indonesia tersebut dapat mendorong Indonesia menjadi the next digital hub.

CNN Indonesia, Senin (7/5), menulis, perusahaan asal Cupertino, California ini telah berencana mendirikan pusat riset sejak Agustus 2017 lalu. Keberadaan pusat riset ini disebut untuk pengembangan inovasi, peranti lunak, aplikasi lokal, hingga nantinya dapat menyerap 400 SDM.

Pembangunan tersebut menjadi bentuk komitmen Apple di Indonesia dalam memenuhi Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No 65/2016 tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30 persen dengan menjual iPhone secara resmi di Indonesia.

Apple memberikan invetasi senilai Rp 586 miliar atau setara 44 juta dolar AS untuk mendirikan perusahaan di Indonesia. Selain di Serpong, Apple direncanakan membangun dua pusat riset lain di Sumatera Utara dan Jawa. Namun, hingga kini masih belum diketahui kapan rencana tersebut akan dieksekusi.

Dengan adanya investasi tersebut, semoga dapat membuka lapangan kerja dan dapat mengembangkan ilmu teknologi di Indonesia ya, Millens. (IB12/E03)