Aplikasi Android Palsu Bersliweran, Begini Cara Mendeteksinya

Pengguna ponsel pintar berbasis android sering dikecohkan dengan aplikasi palsu yang membahayakan. Berikut cara untuk mendeteksi aplikasi android palsu.

Aplikasi Android Palsu Bersliweran, Begini Cara Mendeteksinya
Ponsel pintar android terinfeksi virus aplikasi palsu. (Digitaltrends.com)

Inibaru.id – Sejalan dengan semakin maraknya pengguna Android, para pengembang pun banyak menciptakan aplikasi android. Namun, di antara banyaknya aplikasi android itu, banyak juga aplikasi palsu yang beredar. Seringkali pengguna android juga terkecoh dengan aplikasi palsu tersebut.

Aplikasi palsu juga nggak aman untuk ponselmu, Millens. Aplikasi itu dapat menginfeksi ponsel androidmu dengan malware. Nah, malware ini bisa memata-matai aktivitas pengguna. Lebih parah lagi, data pribadimu juga bisa dimanfaatkan tanpa sepengetahuanmu.

Supaya nggak terkecoh aplikasi palsu, deteksi dulu aplikasi tersebut sebelum megunduh. Berikut hal-hal yang perlu kamu periksa.

Periksalah Judul dan Deskripsi Aplikasi

Berbagai aplikasi di Playstore. (Medcom.id)

Pengembang asli menyadari deskripsi produk mereka merupakan aset pemasaran yang baik. Namun, pengembang palsu sering bermain curang pada deskripsi produk mereka. Para pengembang palsu ini nggak ragu-ragu untuk meniru nama-nama pengembang asli. So, periksalah deskripsi aplikasi dengan teliti dan tetap waspada ya.

Baca Ulasannya

Ulasan produk aplikasi android. (Discogs.com)

Setiap aplikasi yang ada di Google Play Store biasanya punya ulasan dari pengguna. Ulasan itu bisa baik atau justru buruk. Nah, kamu perlu mengecek ulasan itu.

Kalau ulasannya terlalu muluk-muluk dengan nilai sempurna, kamu perlu mencurigainya. Selain itu, kamu juga bisa membaca ulasan dengan seksama. Siapa tahu, ada pengguna yang memberikan catatan peringatan akan bahaya aplikasi palsu tersebut.

Lihat Statistik Unduhan

Unduhan aplikasi android. (Androidcentral.com)

Jika aplikasi itu sangat populer tapi nggak punya statistik unduhan yang bagus, kamu perlu mencurigainya sebagai aplikasi palsu. Bisa jadi aplikasi tersebut sengaja diabaikan pengguna karena sudah terdeteksi kalau itu adalah aplikasi palsu. Kamu bisa lihat ke bagian bawah daftar produk di Google Play Store untuk informasi ini.

Cek Pengembangnya

 

Pengembang android. (Droidpoin.com)

Pengembang palsu biasanya menawarkan pelbagai tawaran menarik. Jadi, berhati-hatilah dan cek kredibilitas pengembang.

Mintalah Informasi Lebih Lanjut lewat Forum Pengguna

 

Tampilan pada forum diskusi Android xda-developers.com. (Bestandroidappsreview.com)

Forum khusus industri bisa kamu gunakan ketika ragu-ragu untuk memasang suatu aplikasi android. Ada banyak forum khusus seperti androidcentral.com, androidauthority.com, xda-developers.com, indiegamers.com dan aplikasi forum android tapatalk. Nah, kamu bisa berdiskusi di situ untuk mengetahui apakah suatu aplikasi itu asli atau palsu.

So, berhati-hatilah saat mengunduh dan memasang aplikasi android ya, Millens. (MG14/E04)