Agar Nggak Boros Baterai, Lakukan Ini pada Gawaimu Saat Bepergian

Agar Nggak Boros Baterai, Lakukan Ini pada Gawaimu Saat Bepergian
Baterai gawai (digitaltrends.com)

Kamu mau melakukan perjalanan jauh tapi khawatir daya ponselmu habis? Coba tips ini deh.

Inibaru.id - Saat melakukan perjalanan panjang, ada kemungkinan daya baterai ponselmu habis. Padahal, belum tentu kendaraan yang kamu tumpangi menyediakan stop kontak yang bisa digunakan untuk mengisi daya. Kalau kamu bawa powerbank sih nggak masalah. Nah, kalau nggak bawa kan bisa berabe.
 
Untuk mengantisipasi habisnya daya baterai, tampaknya kamu perlu melakukan beberapa tips di bawah ini deh, Millens.
 
1. Tutup Aplikasi yang Jarang Dipakai
 
Nggak jarang orang sering memasang aplikasi di gawai yang sebenarnya nggak terlalu mereka butuhkan. Nah, cobalah amati gawaimu sejenak dan pertimbangkan mana aplikasi yang nggak terlalu kamu butuhkan. Setelah itu, tutup aplikasi-aplikasi tersebut.
 
Sebagai informasi, aplikasi yang nggak kamu gunakan itu tetap menyerap bateraimu. Jadi, lebih baik ditutup saja. Sebaliknya, jangan tutup aplikasi yang sering kamu gunakan karena hanya akan memboroskan baterai.
 
2. Matikan Fitur Getar
 
Saat rapat atau berada di beberapa acara, fitur getar kadang-kadang dibutuhkan agar setiap pesan yang masuk nggak mengganggu. Namun, fitur ini nyatanya membuat baterai gawai lebih boros daripada fitur bunyi. Jadi, jika kamu nggak sedang membutuhkan fitur ini, sebaiknya ganti saja pemberitahuan pesanmu dengan bunyi, ya.
 
3. Jangan Menonton atau Mendengarkan Secara Langsung
 
Daripada menonton video atau mendengarkan musik secara langsung, sebaiknya kamu mengunduh video yang pengin kamu tonton. Selain boros pemakaian kuota, kamu juga boros daya baterai. Nah, jika nggak ingin bosan selama perjalanan, siapkan saja lagu-lagu yang ingin kamu dengarkan sebelum berangkat.
 
4. Matikan Sinyal Radio
 
Jika kamu hobi mendengarkan radio, kamu pasti pernah mengalami gawai kehilangan sinyal. Nah, jika sinyal sudah hilang atau lemah, sebaiknya berhenti gunakan aplikasi ini karena akan menyerap daya baterai lebih cepat. Matikan pula fitur bluetooth dan WiFi jika nggak kamu gunakan.
 
5. Aktifkan Airplane Mode
 
Dengan menggunakan airplane mode, semua sinyal di gawaimu akan langsung mati. Mode ini juga otomatis menghemat daya bateraimu.
 
6. Gunakan Facebook Lite dan Twitter Life
 
Media sosial kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup generasi millenials. Oleh karena itu, jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter pun menyediakan layanan yang diklaim bisa menghemat baterai. Nah, kamu bisa mengakses layanan Facebook Lite dengan mengunduhnya di Playstore, sementara untuk Twitter Lite kamu bisa mengaksesnya dengan peramban di alamat lite.twitter.com.
 
7. Redupkan Layar
 
Coba cek tingkat kecerahan layar gawaimu apakah terlalu terang atau gelap. Jika terlalu terang, kamu bisa meredupkannya. Akan tetapi, jangan meredupkannya sampai membuat matamu nggak nyaman ya. Bagaimanapun juga, kesehatan matamu juga penting untuk dijaga.
 
Gimana, sudah mengubah semua pengaturan gawaimu? Kalau belum, ubah dulu sebelum melakukan perjalanan jauh. (IB15/E04)