7 Teknologi Ini Mungkin Nggak Kamu Gunakan Lagi Dalam Waktu Dekat

7 Teknologi Ini Mungkin Nggak Kamu Gunakan Lagi Dalam Waktu Dekat
Ponsel canggil yang memiliki banyak fitur aplikasi (Pexels)

Perubahan teknologi berlangsung sangat cepat. Beberapa barang yang masih kita pakai sekarang ini bisa saja nggak akan lagi berguna dalam waktu dekat. Apa sajakah barang-barang tersebut?

Inibaru.id - Perkembangan teknologi pesatnya memang nggak kira-kita ya, Millens. Dulu bisa main ular di ponsel jadul saja sudah bahagia pol. Tapi di zaman sekarang, punya ponsel pintar sudah seperti menjadi kewajiban agar nggak ketinggalan.

Saking cepatnya perubahan teknologi dalam beberapa waktu belakangan, ada teknologi yang masih kita gunakan sekarang yang diprediksi nggak akan kita gunakan lagi sepuluh tahun ke depan. Penasaran peralatan apa yang akan punah tersebut? Yuk simak penjelasannya!

1. Remote control

Remote televisi yang suka nyelip ini bakal punah. (Freepik)
Remote televisi yang suka nyelip ini bakal punah. (Freepik)

Pernah mengalami kebingungan mencari remote televisi di bantal atau sofa? Nah, kini sudah banyak teknologi yang bisa menggantikan remote karena menggunakan internet atau Wi-Fi. Selain televisi, peralatan lain seperti AC atau kipas angin kini bisa dikontrol melalui komputer, tablet, ponsel, atau smartwatch.

Bahkan, adanya teknologi assistant seperti Alexa dan Siri memungkinkan kamu mengontrol menggunakan suara untuk mengoperasikan berbagai peralatan. Artinya, teknologi ini sudah bisa menggantikan tugas remote kontrol.

2. Kartu Kredit

Kartu kredit buat transaksi non tunai. (Freepik)
Kartu kredit buat transaksi non tunai. (Freepik)

Saat kartu kredit ditemukan, masyarakat lebih dimudahkan ketika melakukan transaksi pembayaran. Kalau mau belanja, nggak perlu repot-repot bawa uang banyak. Tapi sekarang sudah beda lagi cara transaksinya. 

Banyaknya dompet digital yang bermunculan menawarkan kemudahan pembayaran. Cukup install aplikasinya di ponsel kamu, bisa digunakan untuk membayar berbagai macam hal. Kini, kamu pun nggak perlu lagi repot membawa banyak kartu di dompet.

3. CD dan DVD

Sudah nggak mengherankan lagi sekarang kalau orang mulai meninggalkan penyimpanan fisik seperti CD dan DVD. Coba ingat lagi, kapan terakhir kali kamu mendengarkan lagu pakai CD?

Sekarang, masyarakat lebih suka layanan streaming. Kalau mau dengar musik bisa pakai aplikasi Joox atau Spotify. Sedangkan kalau mau nonton video, bisa pakai Youtube atau Netflix. Bisa dibilang, media penyimpanan fisik udah nggak pernah disentuh lagi untuk cari hiburan.

4. Pengisi daya kabel

Pengisi daya ponsel yang masih pakai kabel.(Shutterstock)
Pengisi daya ponsel yang masih pakai kabel.(Shutterstock)

Diperkirakan dalam sepuluh tahun lagi, kamu nggak perlu lagi mengisi daya ponsel dengan kabel charger. Ini dikarenakan pengisi daya kabel akan diganti dengan pengisi daya nirkabel yang lebih praktis.

Bahkan ada sejumlah perusahaan gawai yang mulai menciptakan alat pengisi daya untuk mengubah gelombang radio dan Wi-Fi menjadi listrik. Jadi kalau mau mengisi daya ponsel jadi lebih praktis lagi.

5. ATM

Mesim ATM yang diprediksi punah sepuluh tahun lagi.(IStock)
Mesim ATM yang diprediksi punah sepuluh tahun lagi.(IStock)

Meskipun sudah ada dompet digital, namun uang tunai masih tetap digunakan untuk bertransaksi. Hal ini dikarenakan belum semua orang terbiasa memakai teknologi dompet digital. Meski begitu, banyak pakar ekonomi yang yakin jika dalam sepuluh tahun ke depan, seluruh lapisan masyarakat sudah menerapkan cashless society.

Tahukah kamu, kini hanya sembilan persen populasi di dunia yang masih menggunakan uang tunai. lo. Artinya, kelak ATM sudah nggak lagi dibutuhkam orang untuk tarik tunai.

6. Menara telekomunikasi

Menara telekomunikasi. (Pexels)
Menara telekomunikasi. (Pexels)

Menara telekomunikasi atau yang sering disebut sebagai BTS (Base Tranceiver Station) berfungsi untuk menyediakan jaringan telekomunikasi bagi perangkat pengguna seperti ponsel, termasuk di daerah-daerah terpencil. Fungsi alat ini tentu sangatlah penting. Hanya, banyak pakar yang memprediksi alat ini juga akan ditinggalkan dalam waktu dekat. Kok bisa?

Jawabannya karena sebagian ponsel kini sudah dirancang supaya nggak memerlukan tower tersebut. Perusahaan pertama yang menyadari dan meneliti pengembangan teknologi penggantinya adalah Qualcomm. Jadi, kita pun nanti nggak lagi perlu menara telekomunikasi.

7. Bioskop

Orang sedang menonton bioskop. (Pexels)
Orang sedang menonton bioskop. (Pexels)

Hayo ngaku, siapa yang sering banget ke bioskop? Rupanya ya Millens, akan ada saatnya orang nggak lagi memenuhi ruang bioskop untuk nonton film. Hal ini disebabkan oleh banyaknya Smart TV yang bisa menggantikan perannya.

Bahkan ada sebagian Smart TV yang menawarkan fitur 3D seperti bioskop. Ilmuwan juga memprediksi kalau masyarakat akan beralih ke Virtual Reality (VR) untuk nonton film.

Wah makin canggih aja ya Millens teknologinya. Kalau kamu sendiri sudah pernah nyobain yang mana, nih? (Idn/MG30/IE07)

Tags :