5 Tips Merawat Baterai Tanam pada Ponsel

Baterai tanam memang praktis dan ringan untuk ponsel, tapi kalau sudah rusak ya susah juga penanganannya. Nah, supaya awet, coba beberapa tips berikut.

5 Tips Merawat Baterai Tanam pada Ponsel
Ponsel dengan baterai non-removable. (Ganglalat.blogspot.com)

Inibaru.id – Saat ini sudah banyak produk ponsel yang menggunakan baterai tanam (non-removable). Selain praktis, baterai tanam juga bisa mengurangi beban hapemu karena lebih ringan. Namun, bila rusak, penangangannya lebih rumit daripada baterai yangbisa dibongkar pasang.

Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar baterai tanam di ponselmu awet dan nggak mudah rusak, Millens.

  1. Gunakan Charger Asli

Gunakan charger asli. (Aliexpress.com)

Ada baiknya kamu menggunakan charger asli saat mengisi daya ponselmu. Charger asli memiliki arus listrik yang cocok dengan ponselmu karena sudah disesuaikan dari pabriknya. Charger lain mungkin bisa mengisi dayamu tapi belum tentu memiliki arus yang dibutuhkan ponselmu. Jadi, lebih baik kamu menggunakan charger asli ya, Millens.

  1. Jangan Menggunakan Ponsel Saat Mengisi Daya

Jangan gunakan ponsel saat sedang mengisi daya. (Mophie.com)

Saat mengisi daya, ponsel disarankan diatur dalam mode pesawat atau mati. Sebaiknya kamu nggak menggunakan ponsel untuk memutar musik, telepon, apalagi bermain gim. Jika kamu melakukan hal-hal tersebut saat mengisi daya, bateraimu akan cepat panas dan tentunya cepat rusak.

  1. Isilah Daya Sampai Penuh Tapi Jangan Berlebihan

Jangan terlalu berlebihan mengisi daya baterai. (Brilio.net)

Biasakan mengisi daya baterai sampai penuh ya karena mencabut pengisian daya saat belum penuh bisa membuat bateraimu cepat rusak. Kendati demikian, kamu juga nggak boleh membiarkan ponselmu diisi daya berlebihan karena hal itu dapat membuat baterai meledak. Duh, jangan ya!

  1. Cek Suhu atau Temperatur Baterai

Pastikan suhu ponsel normal. (Worajv.com)

Millens, pastikan ponselmu selalu dalam keadaan sejuk ya. Secara umum, suhu yang dibutuhkan ponsel adalah 18-35 derajat celcius. Jangan sampai ponselmu terlalu dingin atau terlalu panas. Jika suhu terlalu dingin, baterai akan mengalami penurunan kapasitas. Namun, jika baterai terlalu panas, komponen yang ada di ponselmu akan cepat rusak.

  1. Kurangi Bermain Gim dan Biarkan Ponselmu Beristirahat

Kurangi bermain gim. (Klikpositif.com)

Main gim boleh-boleh saja, tapi jangan berlebihan ya, Millens. Jika berlebihan, baterai ponsel akan cepat panas dan memicu hang. Dalam sehari, waktu maksimal bermain gim adalah dua jam. Selain itu, sebaiknya beri waktu ponselmu untuk istirahat. Ada baiknya juga matikan ponselmu saat kamu tidur.

Gimana, sudah tahu kan apa yang dianjurkan dan yang nggak boleh dilakukan terhadap baterai tanam pada ponselmu? Jadi, jangan sampai bateraimu rusak karena salah merawat ya. Em, kecuali kamu punya uang lebih untuk beli ponsel baru. He-he. (IB18/E04)