5 Tips Beli Smartphone Bekas

Bingung ingin beli Smartphone bekas namun mumpuni? Inilah tipsnya

5 Tips Beli Smartphone Bekas
Smartphones (Foto : zdnet.com)

inibaru.id - Perkembangan smartphone dari waktu ke waktu yang terus mengalami pembaruan, menjadikan distributor dan para maniak smartphone ini mudah berganti mencari telepon pintar yang lebih canggih. Setelah itu, biasanya kebanyakan dari mereka akan melelang telepon pintar tersebut kepada orang lain, baik dengan cara langsung maupun melalui jual beli daring seperti bukalapak, tokopedia, olx dan lain sebagainya.

Hal tersebut tentunya dapat dimanfaatkan bagi sebagian lain yang ingin berbelanja hemat dengan cara membeli telepon pintar bekas. Namun demikian, dalam berbelanja barang bekas apalagi barang elektronik seperti Smartphone pasti memiliki konsekuensi yang lebih besar disbanding membeli Smartphone baru.

Berikut ini kami sajikan tips kondisi smartphone bekas yang akan dibeli seperti yang dilansir oleh Digitaltrends agar dapat memperoleh telepon pintar bekas terbaik.

  1. Smartphone Refurbished

Refurbised merupakan kondisi terbaik dari telepon pintar bekas yang dapat dibeli. Smartphone semacam ini adalah smartphone bekas yang telah diperbarui atau biasanya sebuah produk yang mengalami cacat atau kerusakan dan diperbaiki sehingga layak dijual kembali. Yang paling penting untuk diperhatikan saat membeli telepon pintar refurbished adalah kartu garansinya. Karena dengan kartu garansi tersebut dapat mengurangi resiko jika terjadi sesuatu pada telepon pintar anda setelahnya.

  1. Smartphone dengan Sertifikat Pre-Owned

Kondisi smartphone ini berada di bawah refurbished. Hal tersebut biasanya disebabkan karena kelengkapan telepon pintar tersebut. Tentu telepon pintar pada kondisi ini akan lebih murah dibanding dengan kondisi refurbished.

  1. Smartphone Bekas Orang Lain

Smartphone kondisi seperti ini akan memberikan harga yang lebih murah daripada kondisi refurbished dan pre-owned. Namun yang perlu diperhatikan dalam membeli telepon pintar dalam kondisi ini adalah melihat benar-benar deskripsi telepon pintar tersebut.

Jika ingin membeli melaui media daring, maka pilihlah website terpercaya yang menyediakan jsa rek-ber. Sedangkan jika ingin membeli secara langsung, lebih baik perhatikan secara rinci barang tersebut tanpa tekanan dan terburu-buru.

  1. Fitur yang ada pada Smartphone

Pastikan untuk memeriksa semua fitur di telepon pintar bekas yang akan dibeli. Jika terdapat kode khusus untuk memeriksa telepon pintar dengan merek tertentu maka gunakalah itu. Kode tersebut akan menampilkan komponen-komonen yang dapat diperiksa dengan memilih bagian-bagian tertentu dan memudahkan untuk memeriksa kondisi telepon pintar tersebut.

  1. Beberapa Hal Penting Lain

Pastikan jaringan telepon pintar tersebut tidak terkunci dan dapat digunakan dengan kartu provider lain. Hal ini yang paling sering terjadi pada telepon pintar jenis I-phone dan Blackberry. Lihat pula kelengkapan smartphone bekas tersebut, apakah terdapat kerusakan atau tidak. Hal itu akan mempermudah klaim kerusakan jika setelahnya terjadi kerusakan yang lebih parah.

Pastikan telepon pintar yang dibeli tidak pernah terendam air atau yang lainnya. Hal tersebut akan menjadikan komponen bermasalah sewaktu-waktu saat telepon pintar sudah menjadi milik Anda.

Demikian tips yang dapat kami berikan untuk mempermudah anda membeli smartphone bekas. Semoga bermanfaat. (NA)