4 Kebiasaan Netizen Berseluncur di Dunia Maya Saat Ramadan

Ramadhan tiba, inilah kebiasaan yang dilakukan netizen

4 Kebiasaan Netizen Berseluncur di Dunia Maya Saat Ramadan
Berseluncur di dunia maya saat ramadhan (Foto : complianceiq.com)

inibaru.id - Di bulan suci ramadan, netizen kerap kali punya kebiasaan favorit untuk mengisi waktu ramadan mereka. Beberapa dari kebiasaan tersebut ada yang merupakan kebiasaan yang produktif tapi sebagian lain adalah kebiasaan tak produktif alias konsumtif.

Nah, seperti apa saja tren kebiasaan netizen di bulan ramadan, mari simak artikel berikut;

  1. Mengakses Ponsel

Menurut data ramadan tahun 2016, kebiasaan netizen dalam mengakses ponsel meningkat saat ramadan tiba. Sebanyak 81% penelusuran terkait ramadan dilakukan para netizen dengan perangkat mobile seperti telepon pintar. Selain aktif berselancar di media sosial dan mesin pencari seperti Google, netizen juga mengakses YouTube sambil menunggu waktu berbuka. Tercatat, akses YouTube dari perangkat seluler mencapai 13%.

  1. Memperbaiki Diri

Ramadan bisa dikatakan sebagai waktu yang tepat untuk memperbaiki diri. Makanya tak mengherankan jika penelusuran terkait tips-tips untuk memperbaiki diri menjadi sosok yang lebih baik menjadi melonjak selama Ramadan.

Kebiasaan orang Indonesia yang ingin selalu tampil dan merasa lebih baik membuat kebanyakan dari mereka melakukan penelusuran tentang bagaimana menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama puasa, melakukan ibadah-ibadah penunjang ibadah wajib di bulan ramadan, hingga mencari penelusuran terkait busana Muslim-Muslimah.

  1. Belanja Daring

Kebiasaan yang hampir tak pernah dilewatkan pada momen seperti Ramadan adalah berbelanja. Berdasar laporan Google tahun 2016, mencatat peningkatan volume penelusuran pada lima kategori belanja yakni pakaian (+29%), travel (+30%), smartphone (+17%), telekomunikasi (+19%), dan barang elektronik (+24%).

Dan intensitas aktivitas berbelanja lewat daring para netizen meningkat signifikan pada jam-jam tertentu, seperti jam sahur dan menjelang maghrib.

Tak mengherankan jika tak sedikit e-commerce tak melewatkan kesempatan memanfaatkan momentum semacam itu dengan memberikan berbagai promo dan diskon.

  1. Membuat Kartu Kredit

Di bulan ramadan ternyata tak sedikit masyarakat yang teratrik mencari informasi terkait pembuatan kartu kredit. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya minat netizen mencari informasi soal pembuatan kartu kredit adalah untuk mengantisipasi kebutuhan di bulan Ramadan.

Bahkan biasanya di minggu ketiga Ramadan banyak netizen yang mulai berburu promo-promo kartu kredit, seperti misalnya potongan harga, dan lain-lain. Selain itu, naiknya pencarian netizen soal promo kartu kredit pun tak lepas dari Tunjangan Hari Raya (THR) yang mulai dibayarkan. (IP)