Tagar #T3tapJokowi Sambut Pengumuman Resmi Jokowi sebagai Capres 2019

Joko Widodo resmi diusung PDI-P sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. Kabar ini sontak membuat sebagian massa pendukung Jokowi terlarut dalam ingar-bingar. Salah satunya diwujudkan dengan tagar #T3tapJokowi di media sosial.

Tagar #T3tapJokowi Sambut Pengumuman Resmi Jokowi sebagai Capres 2019
Jokowi resmi diusung PDI-P sebagai Capres 2019. (Kompas.com)

Inibaru.id – Pemilihan presiden (pilpres) Indonesia baru akan dilangsungkan tahun depan. Namun begitu, ingar-bingar Pilpres 2019 telah menghangat sejak sekarang. Sejumlah partai mulai menggencarkan kampanye dan mempersiapkan strategi guna menyambut ajang pemilihan tersebut. Nggak terkecuali PDI-P.

Sebagai pemenang gelaran pemilihan legislatif (pileg) terakhir, gerakan partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu tentu ditunggu kawan maupun lawan. Nah, ketika pada Jumat (23/2/2018) PDI-P resmi mengumumkan calon presiden (capres) yang akan didukungnya pada kontestasi Pilpres 2019 mendatang, seluruh mata pun langsung tertuju pada mereka.

Seperti yang diharapkan banyak orang, PDI-P dipastikan akan kembali mengusung petahana Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres andalannya. Pengumuman itu merupakan hasil rapat kerja nasional (Rakernas) III yang dilaksanakan pada hari yang sama di Grand Inna Beach, Sanur, Bali.

Baca juga:
Dapat Nomor Urut 3, Megawati: Banteng Metal!
Demokrat Dapat Nomor Buncit, AHY: Demokrat S14P!

Berbagai respons menyambut keputusan partai berlambang banteng itu. Jejaring sosial diramaikan tagar #T3tapJokowi sejak Jumat (23/2). Ungkapan "tetap jokowi" menandakan dukungan masyarakat agar Jokowi melanjutkan usahanya menjadi presiden untuk periode kedua, sementara angka "tiga" yang menggantikan huruf "e" adalah simbol PDI-P yang mendapatkan nomor urut tiga.

Sejumlah pemilik akun Twitter  juga mengajak masyarakat lain untuk ikut mendukung Jokowi melalui cuitan dengan tagar #T3tapJokowi. Salah satu akun berkicau di akunnya dengan nama @alvano91.

Apapun ceritanya Jokowi harus 2 periode, agar Indonesia tetap maju, harus! #T3tapJokowi,” tulisnya.

Akun lain dengan nama @ridlwandjogja juga menambahkan dengan cuitannya yang berisikan ajakan untuk kembali memilih Jokowi.

Yang masih sayang Pak Jokowi, yang masih percaya Pak Jokowi, bawa kebaikan buat Indonesia, acungkan jari! #T3tapJokowi," kata dia.

Cawapres

Nggak hanya sebatas dukungan untuk Jokowi, sejumlah kalangan juga mulai menerka siapakah sosok yang paling layak mendampingi pria asal Solo tersebut sebagai calon wakil presiden. Sebuah akun atas nama @Oswin_M2 melemparkan satu pertanyaan kepada warganet terkait hal ini.

Coba tebak siapa ahli ekonomi yang dimaksudkan untuk mendampingi Jokowi 2019? #T3tapJokowi,” tulisnya.

Namun, seperti ditulis Kompas.com, Sabtu (24/2), belum ada keterangan pasti siapa yang dipastikan akan menjadi cawapres pendamping Jokowi pada pilpres tersebut. Kendati begitu, sejumlah nama mulai digadang-gadang akan menjadi cawapres mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga:
Saat Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2019 Diresmikan
Kampanye Pilkada Serentak Dimulai, Perhatikan Aturan Ini!

Beberapa nama yang belakangan muncul sebagai cawapres di antaranya Muhaimin Iskandar (PKB), Wiranto (Hanura), Zulkifli Hasan (PAN), Muhammad Romahurmuziy (PPP), dan Agus Harimurti (Partai Demokrat). Nama-nama itu keluar berdasarkan hasil survei poltracking 27 Januari-3 Februari lalu. 

Hm, kira-kira bakal bersaing dengan siapa ya Pak Jokowi? Kamu dukung siapa, Millens? Atau, jangan-jangan golput lagi nih? Duh, jangan dong! (MEI/GIL)