Sudirman Imbau Publik untuk Tunggu Pengumuman Resmi Hasil Pilkada

Sejumlah lembaga survei hitung cepat menyebut Ganjar Pranowo-Taj Yasin unggul atas Sudirman Said-Ida Fauziyah. Kendati begitu, Sudirman meminta publik untuk menunggu hasil resmi dari KPU Jateng.

Sudirman Imbau Publik untuk Tunggu Pengumuman Resmi Hasil Pilkada
Sudirman Said meminta masyarakat menunggu hasil resmi KPU. (Beritasatu.com)

Inibaru.id – Calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut 2 Sudirman Said meminta publik untuk bersabar menunggu pengumuman resmi hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Juli mendatang. Ini diungkapkannya menyusul hasil beberapa lembaga survei hitung cepat menyebut rivalnya, Ganjar Pranowo-Taj Yasin unggul dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2018.

“Hitung cepat itu memperkirakan hasil, dan hasil aslinya dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) digabung kelurahan, kecamatan, kabupaten, dan provinsi.” ujar Sudirman di Hotel Grasia.

Sejumlah lembaga survei telah mengeluarkan rilisnya mengenai hasil hitung cepat Pilgub Jawa Tengah pada hari yang sama dengan pemungutan suara, Rabu (27/6/2018). Salah satu lembaga survei yang menyatakan Ganjar-Yasin unggul yakni Saiful Muljani Research & Consulting (SMRJ).

Berdasarkan hasil survei SMRC, Ganjar-Yasin memperoleh 58,34 persen suara, sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah memperoleh 41,66 persen suara seperti dihimpun Kompas.com, Kamis, (28/6). Mereka mengambil sampel dari 400 TPS dengan metode stratified systematic sampling dan 300 pemilih dengan metode stratified cluster random sampling sehingga menemukan hasil tersebut.

Pihak Sudirman Said mengungkapkan ada dugaan pelanggaran yang terjadi saat Pilkada. Kendati demikian, lelaki yang kerap disapa SS itu mengaku proses demokrasi di Jawa Tengah berjalan baik. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada relawan, koalisi partai pendukung, serta masyarakat yang ikut menjaga lancarnya proses demokrasi.

“Ini bagi kami Pilkada yang rawan, partai kerja keras. Terus terang dalam keadaan kami yang tidak punya uang ini relawan kami berperan luar biasa. Mereka mencetak spanduk, stiker sendiri. Kalau dikatakan skor berapa pun oleh hitung cepat, maka itu kerja keras hasil perpaduan struktur partai dan relawan yang luar biasa. Jadi, kami berterima kasih pada keduanya,” tutur Sudirman.

Siapapun yang menang nanti, semoga pemimpin yang terpilih dapat membawa Jawa Tengah agar lebih baik lagi. Bukan begitu, Sobat Millens? (IB15/E04)