Pemilih Pemula dalam Pusaran Pilkada Jateng 2018

Warga Jawa Tengah akan berpesta demokrasi ria termasuk para pemilih pemula. Yuk, tengok persiapannya.

Pemilih Pemula dalam Pusaran Pilkada Jateng 2018
Infografik Pilkada Jawa Tengah. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Inibaru.id – Nggak terasa, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 sudah di depan mata nih, Millens. Sebanyak 171 daerah di Indonesia bakal melaksanakan Pilkada pada 27 Juni 2018. Salah satu daerah yang menggelar pesta demokrasi adalah Jawa Tengah.

Yap, provinsi yang berada di tengah-tengah Pulau Jawa itu mempunyai hajat besar yakni Pemilihan Gubernur (Pilgub) untuk periode 2018-2022 mendatang. Selain Pilgub, enam daerah di Jawa Tengah juga menyelenggarakan Pemilihan Bupati (Pilbup) dan satu daerah melaksanakan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot). Tujuh daerah tersebut adalah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kudus, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Temanggung.

Infografik Pilkada Jawa Tengah. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Berdasarkan data dari Kpu.go.id, jumlah pemilih tetap Pilkada tahun 2018 ini mencapai 27.068.125 jiwa. Jumlah tersebut meliputi 13.478.821 pemilih laki-laki dan 13.589.304 pemilih perempuan. Itu merupakan total jumlah pemilih yang berasal dari 35 kabupaten/kota, dengan 573 kecamatan, dan 8.559 desa/kelurahan, Millens.

Nah, dari jumlah itu, tercatat sebanyak 1.451.268 adalah pemilih pemula. Mereka terdiri atas laki-laki 745.192 pemilih dan perempuan sebanyak 708.076 pemilih. Wah, lumayan banyak juga ya.

Pemilih pemula itu perlu mendapat pemahaman mengenai Pilkada. Ini dianggap penting untuk memberikan informasi kepada mereka apa saja yang harus dilakukan saat pemungutan suara nanti.

Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Jateng Diana Arianti mengatakan pihaknya sudah memberikan sosialisasi kepada pemilih pemula lewat program "KPU Goes to Campus”. Hal itu digunakan untuk menjaring pemilih pemula supaya menggunakan hak pilihnya di Pilkada Serentak 2018.

"Kami punya program KPU Goes to Campus untuk meningkatkan pemilih pemula supaya menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Jateng," ujar Diana.

Sudah mempunyai hak suara, sudah mendapat sosialisasi, pemerintah juga sudah menjadikan Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 sebagai libur nasional, kurang apa lagi? Jadi, yuk mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.

Bagi kamu yang tinggal di daerah lain, bisa kok mencoblos di daerah tempat tinggalmu. Kamu tinggal memperlihatkan formulir A-5 dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke TPS tujuan. Jangan lupa mencoblos ya! (IB18/E04)