Mengenal Taj Yasin, Politikus Muda yang Mendampingi Ganjar Pranowo

Keputusan Yasin mendampingi Ganjar di Pilgub Jateng berdasarkan diskusi DPP PPP dengan ayahnya, KH Maimoen Zubair.

Mengenal Taj Yasin, Politikus Muda yang Mendampingi Ganjar Pranowo
Taj Yasin Maimoen, calon wakil gubernur pendamping Ganjar Pranowo pada Pilgub Jateng 2018 (Breakingnews.co.id)

Inibaru.id – Pilkada serentak akan segera diadakan di Jawa Tengah lo, Millens. Kamu sudah kenalan belum dengan calon orang-orang yang akan mengurus provinsi kita tercinta? Kalau belum, kita kenalan dulu dengan salah satu calon wakil gubernurnya ya. Namanya Taj Yasin. Yasin maju berpasangan dengan Ganjar Pranowo, gubernur petahana yang maju dalam Pilgub tahun ini.

Kompas.com (9/1/2018) menulis, pada usianya yang baru menginjak 34 tahun, politikus PPP ini sudah memiliki karier politik yang cemerlang. Dia tercatat sebagai anggota DPRD Jateng Periode 2014-2019 mewakili Fraksi PPP. Dia berada di Komisi E yang mengawasi bidang kesejahteraan rakyat, agama, pendidikan, olahraga, kepemudaan, dan lain-lain.

Baca juga:
Berkenalan dengan Calon Wakil Gubernur Jateng, Ida Fauziah
Pilgub Jateng 2018: Ganjar-Yasin Nomor 1, Sudirman-Ida Nomor 2

Lahir 2 Juli 1983 di Desa Karangmangu, Sarang, Kabupaten Rembang, putra ulama karismatik KH Maimoen Zubair ini sudah menikah dan memiliki dua orang anak. Latar belakang pendidikan Yasin juga cukup mentereng. Sewaktu kuliah di Damaskus, Suriah, dia terbilang cukup aktif di Pelajar Islam Indonesia.

Saat ini Yasin tercatat sebagai Wakil Ketua DPW PPP. Nah, meski berasal dari kalangan ulama yang sangat disegani masyarakat dan memiliki rekam jejak politik yang baik, Yasin dikenal sebagai orang yang ramah dan memiliki pembawaan kalem. Saat dipinang PDI-P untuk mendampingi Ganjar Pranowo, Yasin juga masih mempertahankan karakternya ini.

“Saya menjalankan tugas partai untuk mendampingi Pak Ganjar. Keputusan ini murni dilakukan sebagai hasil diskusi dari DPP PPP dan abah (KH Maimoen Zubair), “tutur Yasin.

Baca juga:
Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida Resmi Head-to-head di Pilgub Jateng 2018
Ganjar-Yasin Diantar Delman Daftar Pilgub Jateng

Pasangan Ganjar-Yasin mendapatkan dukungan dari empat partai, yakni PDI-P yang memiliki 27 Kursi di DPRD Jawa Tengah, Nasdem dengan 4 Kursi, PPP dengan 8 kursi, dan Demokrat dengan 9 kursi. Pasangan ini akan berkompetisi dengan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah yang didukung koalisi Gerindra, PKS, dan PAN dengan 29 kursi.

“Saya harap pilkada aman tenteram agar bisa menjadi contoh pilkada ideal bagi daerah lain sehingga Jawa Tengah bisa mendapatkan pemimpin yang membanggakan,” ucap Yasin tentang harapannya pada Pilgub nanti.

Semoga saja tensi politik di Jawa Tengah tidak panas menjelang pilkada nanti ya, Millens! (AW/GIL)