Kenapa Sih Tinta Pemilu Selalu Berwarna Ungu?

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa tinta Pemilu itu berwarna ungu? Kalau pernah, coba deh simak ulasan berikut.

Kenapa Sih Tinta Pemilu Selalu Berwarna Ungu?
Tinta Pemilu. (Boombastis.com)

Inibaru.id – Rabu, 27 Juni 2018 adalah harinya masyarakat Indonesia untuk berdemokrasi ria. Ini karena Indonesia sedang menunaikan hajat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang diikuti 171 daerah. Masyarakat diberi kebebasan seluas-luasnya untuk menentukan pilihannya di hari tersebut.

Sesuai dengan Pilkada pada umumnya, saat pemungutan suara kamu harus melakoni beberapa langkah dalam memilih. Salah satu langkahnya adalah mencelupkan salah satu jari ke tinta yang disediakan. Hal itu ditujukan untuk keamanan agar nggak ada pemilih yang mencoblos dua kali.

Eits, tapi kalau diperhatikan, tinta yang disediakan panitia itu selalu berwarna ungu ya, Millens. Mengapa panitia nggak memilih warna lain seperti merah muda atau hitam?

Menukil dari Ayobandung.com, Rabu (15/2/2017), warna ungu ini dipilih karena akan meninggalkan noda coklat atau hitam akibat kandungan kimia perak nitrat di dalamnya. Zat tersebut akan melekat kuat pada permukaan kulit meskipun terpapar udara atau sinar matahari seharian.

Dalam penelitian yang dilakukan sejumlah pakar farmasi di India yang dibukukan dalam World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, disebutkan kandungan perak nitrat dalam tinta umumnya sebesar 10-18 persen. Semakin tinggi kadarnya, semakin lama hilangnya. Secara umum, bahan kimia untuk tinta ini bisa bertahan selama satu hari.

Perlu kamu ketahui, perak nitrat kali pertama ditemukan Albertus Magnus pada abad ke-13. Pada awalnya, dia mendokumentasikan kemampuan asam nitrat untuk memisahkan emas dan perak dengan melarutkan perak tersebut. Magnus mencatat larutan yang dihasilkan dari perat nitrat dapat menghitamkan kulit.

Kendati begitu, tenang saja karena tinta celup yang digunakan di Indonesia sudah dijamin aman kesehatannya dan halal 100% dari MUI. Kamu juga nggak perlu mencelupkan seluruh jarimu, kok. Cukup ujungnya saja.

Jadi, pemilihan tinta berwarna ungu ini bukan tanpa sebab ya, Millens. Noda yang ditinggalkannya bisa menandai kalau seseorang sudah mencopblos. Hayo, sudahkan jarimu berwarna ungu hari ini? (IB07/E04)