Senarai Hasil Hitung Cepat Pilkada Jateng 2018

Pemungutan suara Pilkada Jateng 2018 telah terlaksana. Sejumlah lembaga survei pun sudah mengeluarkan hasil hitung cepat (quick count) mereka.

Senarai Hasil Hitung Cepat Pilkada Jateng 2018
Pasangan Pilgub Jateng Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida di Pilkada 2018. (Kompas.com)

Inibaru.id – Pesta demokrasi di Jawa Tengah telah usai. Kini, masyarakat tinggal menunggu nama yang keluar sebagai pemimpin mereka. Kendati begitu, sejumlah lembaga survei sudah mengantongi nama pemenang dalam kontestasi politik di Jawa Tengah melalui hitung cepat (quick count).

Kompas.com, Rabu (27/6/2018), menulis, dua lembaga survei di Indonesia yakni Saiful Mujani Research and Cossulting (SMRC) dan Lembaga Survei Indonesia (LSI) telah mengeluarkan hasil hitung cepatnya. Berdasarkan data yang dikeluarkan lembaga survei SMRC, pasangan Pilgub Jateng Ganjar Pranowo-Taj Yasin dinyatakan menang. Pasangan nomor urut 1 ini unggul 58,58 persen atas pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah yang hanya mendapat 41,42 persen. Data tersebut diambil dari 300 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jawa Tengah.

Sementara itu, menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI) Ganjar-Yasin juga unggul dari pasangan nomor urut 2 dengan total suara yang didapat sebanyak 58,26 persen. Hasil tersebut baru didapat dari 98,25 persen data yang masuk pada pukul 21.00 WIB.

Selain menggelar Pemilihan Gubernur, sebanyak tujuh daerah Jawa Tengah juga menggelar Pemilihan Bupati/Walikota. Ketujuh daerah tersebut adalah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kudus, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Tegal, dan Kota Tegal.

Pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Banyumas, pasangan nomor urut 2 Achmad Husain-Sadewo Tri Lastiono unggul atas pasangan nomor urut 1 Mardjoko-Ifan Haryanto dengan perolehan suara sementara sebesar 52,98 persen menurut versi hitung cepat KPUD Banyumas.

Sementara itu, pada Pilbup Kudus, pasangan Tamzil-Hartopo unggul dari empat pasangan lainnya. Pasangan nomor urut 5 itu mendapat suara dengan persentase 42,63 persen. Hasil tersebut merupakan versi hitung cepat KPUD Kudus dengan data yang masuk sebesar 96,24 persen.

Di sisi lain, pasangan Juliyatmono-Rober Christanto unggul 57 persen atas lawannya Rohadi Widodo-Ida dengan 43,00 persen pada Pilbup Karanganyar. Selain itu, pasangan Zaenal Arifin–Edi Cahyana meraih 57,90 persen pada Pilbup Magelang berdasarkan hasil hitung cepat Borobudurnews.

Bergeser ke sebelah utara. Pesta demokrasi masyarakat Temanggung memunculkan Muhammad Al-Khadziq-Heri Ibnu Wibowo sebagai pemenang. Berdasarkan real count KPUD Temanggung, pasangan tersebut unggul dari dua lawannya dengan hasil 53,01 persen. Hasil tersebut berasal dari 1.290 TPS dari 1.801 TPS.

Pasangan Umi-Ardie menang mutlak dengan perolehan 71 persen dari lawannya di Pilbup Tegal versi hitung cepat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Di sisi lain, dua dari lima pasangan Pilwalkot Tegal yakni Dedy Yon-Jumadi dan Habib Ali-Tanty saling mengklaim bila pihaknya yang menang.

Kendati sudah ada sejumlah hasil hitung cepat dari berbagai survei, para pasangan calon di Pilgub maupun Pilbup/Pilwalkot harus menunggu perhitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan resmi KPU sudah berlangsung dan akan berlangsung hingga 9 Juli mendatang.

Wah, sabar dulu ya, Millens. Siapapun yang terpilih nanti, semoga amanah dan dapat mengayomi masyarakatnya. (IB11/E04)