Tips Cerdas Identifikasi Berita Hoax

Rendahnya tingkat literasi masyarakat terhadap media ditengarai sebagai salah satu faktor penyebab menjamurnya informasi hoax belakangan ini.

Tips Cerdas Identifikasi Berita Hoax
Cerdas Anti Hoax (Foto :google)

Inibaru.id - Rendahnya tingkat literasi masyarakat terhadap media ditengarai sebagai salah satu faktor penyebab menjamurnya informasi hoax belakangan ini. Kebiasaan masyarakat untuk langsung menyebarkan berita atau informasi tanpa memeriksa kebenarannya lebih dahulu membuat informasi hoax makin tumbuh subur.

Berdasar data yang didapat dari survey yang dilakukan Masyarakat Telematika (Mastel) belum lama ini, sebanyak 1% masyarakat langsung meneruskan atau menyebarkan ke orang lain ketika menerima berita heboh. Sementara sebanyak 83,20% masyarakat memeriksa terlebih dahulu kebenarannya saat menerima berita heboh.

Agar netizen tak menjadi korban berita hoax, netizen perlu mengenali ciri-ciri informasi hoax. Dengan memperhatikan hal-hal berikut, netizen diharapkan tidak menyebarkan informasi hoax kepada orang lain.

  1. Periksa Sumber Berita

Netizen bisa mengecek dari mana sumber informasi dan melakukan konfirmasi secara langsung. Dengan memanfaatkan mesin pencari, pembaca juga bisa membandingkan kebenaran suatu berita dilihat dari sumber-sumber tepercaya lainnya.

Jika informasi yang beredar berupa gambar, netizen bisa memeriksa kebenarannya dengan cara men-drag gambar yang didapat ke mesin pencari bagian gambar. Melalui mesin pencari itu netizen bisa mendapat beberapa gambar yang sama atau identik dengan gambar yang di-drag tadi. Dari situ netizen bisa mengetahui apakah gambar yang beredar adalah gambar asli atau hoax.

  1. Kenali Situs Palsu

Cari tahu situs website tempat informasi itu diunggah. Coba Anda baca dan analisa untuk memastikan apakah situs tersebut isinya merupakan berita berdasarkan fakta atau informasi yang tidak benar (hoax). Jika situs tersebut memiliki track record semacam itu maka Anda tak perlu menjadikannya referensi untuk mencari informasi.

  1. Hindari Situs dan Akun Mencurigakan

Situs dan akun yang belum jelas asal-usul atau track record-nya sebaiknya ditelusuri terlebih dahulu saat memberitakan sesuatu. Jangan membagikan berita dari situs ataupun akun yang track record-nya tak jelas agar kabar hoax itu tidak menjadi viral.

  1. Manfaatkan Aplikasi

Aplikasi yang tersedia seperti Turn Back Hoax bisa dimanfaatkan untuk mengecek kebenaran sebuah berita apakah fakta atau hoax. Dalam versi website, layanan ini juga bisa diakses melalui PC maupun platform mobile penguna.

  1. Periksa Berita dalam Bahasa Inggris

Beberapa artikel hoax ada yang berawal dari luar negeri. Netizen sebaiknya memeriksa lebih dulu apakah artikel yang dicurigai hoax itu muncul di situs-situs asing. Berita hoax telah dibuktikan kebohongannya oleh situs luar negeri, namun bisa saja penyebar hoax lokal mengangkatnya kembali. (IP)