Peringkat Terbaru Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS

Banyak universitas yang mengalami kenaikan peringkat. Hal ini menandakan kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.

Peringkat Terbaru Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS
Universitas Indonesia (International.ui.ac.id)

Inibaru.id - Quackquarelly Symonds (QS) adalah lembaga yang melakukan penilaian terhadap universitas-universitas di seluruh dunia setiap tahunnya. Penilaian ini kemudian dijadikan peringkat universitas terbaik di dunia. Di tahun ini saja setidaknya ada 1.000 universitas dari 84 negara yang dinilai oleh lembaga ini.

Ada banyak penilaian yang dijadikan patokan perhitungan oleh QS seperti reputasi akademi, reputasi kualitas tenaga pengajar, reputasi alumni, hingga penampilan internasional. Dari 400 peringkat kampus terbaik di Asia, ternyata ada 17 perguruan tinggi di Indonesia yang ikut masuk. Kampus mana sajakah itu?

Baca juga:
Ribuan Pelajar Kunjungi Situs Patiayam di Kudus
Tiga Senyawa Ini yang Bereaksi saat Anda Jatuh Cinta

Laporan QS Asia University Rankings 2018 menunjukkan Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) termasuk dalam 100 kampus terbaik di Asia. Perguruan tinggi lainnya yang masuk dalam 400 kampus terbaik di Asia adalah Universitas Hasanuddin di Makassar, Universitas Pelita Harapan di Tangerang, Universitas Udayana di Denpasar, Universitas Sebelas Maret di Surakarta, Universitas Katolik Atma jaya di Jakarta dan Universitas Katholik Parahyangan di Bandung.

Peringkat UI naik dari posisi 67 ke peringkat 54 di tahun ini atau paling tinggi dalam sejarah. Peringkat ITB juga naik drastis dari posisi 86 pada tahun 2017 menjadi 65 di tahun 2017. UGM juga naik dari peringkat 105 ke peringkat 85.

Kampus lain yang terbaik di Indonesia adalah Institut Pertanian Bogor (peringkat 147), Universitas Airlangga (171), Universitas Padjajaran (176), Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (232), Universitas Diponegoro (240), Universitas Bina Nusantara (251-260), Universitas Brawijaya (291-300), Universitas Hasanuddin dan Universitas Muhamaddiyah Surakarta (301-350), Universitas Katolik Atmajaya, Universitas Udayana, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Katolik Parahyangan di peringkat 351-400.

Baca juga:
Perlakuan Semasa Kecil Akan Berdampak saat Dewasa
Jumlah Publikasi Ilmiah Internasional Indonesia Naik Peringkat

Top Universities menyebut UI sebagai kampus dengan reputasi terbaik di Indonesia. The Times Higher Education Supplement 2009 juga menempatkan UI dalam peringkat ke 34 dari 201 universitas di dunia. Tingginya peringkat UI ini sesuai dengan misi UI untuk menjadi universitas riset berkelas dunia.

Peringkat pertama kampus terbaik di Asia ternyata berasal dari negara tetangga Singapura yakni Nanyang Techological University. Peringkat kedua adalah National University of Singapura (NUS) dan disusul oleh The Hong Kong University of Science of Technology. (AW/SA)

(Topuniversities)