Masuk Sekolah Hari Pertama, Kalian Pasti Temui 5 Hal Ini

Liburan sekolah pasca kenaikkan kelas telah usai. Setelah hampir satu bulan penuh siswa belajar di bawah pantauan orang tua di rumah, kini saatnya siswa kembali pada rutinitas sebelumnya yakni belajar bersama teman dan guru di sekolah. Peristiwa semacam ini biasa orang-orang biasa menyebutnya dengan fenomena hari pertama masuk sekolah.

Masuk Sekolah Hari Pertama, Kalian Pasti Temui 5 Hal Ini
Siswa-siswi berangkat sekolah. (foto: google.com)

inibaru.id - Liburan sekolah pasca kenaikkan kelas telah usai. Setelah hampir satu bulan penuh siswa belajar di bawah pantauan orang tua di rumah, kini saatnya siswa kembali pada rutinitas sebelumnya yakni belajar bersama teman dan guru di sekolah. Peristiwa semacam ini biasa orang-orang biasa menyebutnya dengan fenomena hari pertama masuk sekolah.

Peristiwa rutin tahunan ini setidaknya membawa euforia tersendiri bagi para orang tua, murid maupun guru. Pasalnya di mulai hari pertama masuk sekolah ini civitas akademika akan dipertemukan dengan berbagai hal baru baik yang bersifat fisik maupun nonfisik. Misalnya yaitu kegiatan atau aktivitas, mata pelajaran, teman, kondisi, suasana baru dan lain sebagainya. Maka tak ayal jika berbagai persiapanpun kerapkali dilakukan oleh siswa, orang tua maupun pihak sekolah dalam menyambut fenomena ini.

Selain hal diatas, ada juga keseruan dan keunikan lain yang dapat kalian amati tiap kali fenomena masuk sekolah pertama ini terjadi. Bahkan saya percaya kalian pun pernah mengalami hal tersebut.

Berikut ini adalah hal unik dan keseruan yang mewarnai fenomena hari masuk pertama sekolah.

1. Pernak pernik ucapan selamat datang siswa baru di sekolah

 

Dalam rangka menyambut peserta didik baru mereka, tak jarang sekolah mendesain ruangan bahkan lingkungan sekolah penuh dengan dekorasi yang unik. Bahkan adapula beberapa sekolah yang membuat desain ucapan selamat datang peserta didik baru dengan menggunakan janur kuning. Cukup unik sekaligus aneh memang. Namun demikian, hal tersebut barangkali dilakukan hanya semata-mata untuk memberikan kesan ramah dan tak menyeramkan seperti yang dibayangkan sebelumnya terkait dengan instansi pendidikan tertentu.

2. Serba baru

Nah, ini dia salah satu hal yang tak bisa ketinggalan. Coba kalian perhatikan siswa siswi yang baru saja mengalami kenaikan kelas dan memasuki ajaran baru, pasti ada yang berbeda. Yaps, perlengakapan sekolah yang serba baru. Mulai dari tas, peralatan tulis, sepatu bakan baju (seragam). Uniknya hal ini seperti sudah seperti menjadi kebiasaan yang tidak boisa ditinggalkan lagi. Seperti halnya Lebaran yang identik dengan baju baru dan suguhan di atas meja tamu.

3. Berangkat lebih pagi

Setelah beberapa hari libur sekolah, siswa-siswi tentu akan merindukan teman, guru dan juga suasana sekolah. Nah, semangat untuk mengawali tahun ajaran baru dengan bertemu teman, guru dan suasana yang baru ini biasanya dimanifestasikan dengan keberangkatan ke tempat sekolah yang lebih pagi. Apakah kalian juga merasakan hal tersebut?

4. Berebut bangku kelas

Hal unik terakhir yang mewarnai fenomena masuk hari pertama sekolah adalah berebut bangku di kelas. Bahkan beberapa dari mereka sengaja datang lebih awal dari waktu sekolah yang ditentukan hanya untuk memburu tempat duduk favorit di deretan terdepan. Saat ruang kelas mulai dibuka oleh penjaga sekolah, siswa pun berlarian masuk ke dalam kelas berburu bangku duduk. Karena tempat duduk yang mereka dapatkan tersebut bisa dikatakan akan menjadi haknya selama setahun.

Dalam memperebutkan bangku duduk itupun tiap berbeda-beda. Bagi mereka yang serius ingin menerima pelajaran dengan baik dari guru tentu akan memilih bangku duduk paling depan. Namun berbeda halnya bagi siswa yang tidak terlalu antusias merespon guru, mereka justru akan mencari tempat senyaman mungkin untuk banyak menhindar dari interaksi guru. Lalu, kalian termasuk yang mana?

5. Kondisi jalan pagi hari bertambah macet

Tak hanya aktivitas orang-orang yang akan berangkat bekerja, penyumbang angka kemacetan di pagi hari juga disebabkan oleh siswa-siswi atau pelajar yang ingin berangkat menuju sekolah. Jika pasukan putih-merah, putih biru dan putih abu-abu sudah mulai kembali rutinitas disekolah, ini artinya kita harus berbagi ruang perjalanan kepada mereka. Kendati demikian, hal ini yang kadang menjadi pengalaman tak terlupakan. Karena ada persaingan baik untuk memperoleh ruang jalan lebih baik dengan cara bangun dan berangkat beraktivitas pagi lebih awal.

Hal-hal diatas merupakan keseruan-keseruan yang mewarnai fenomena tahunan ini. Yang terpenting dari fenomena ini adalah bagaimana kalian memaknai tujuan awal keberangkatan menuju ke sekolah. Diantaranya mampu berkonsentrasi dalam kelas, belajar dengan baik, sehingga mampu menerima nilai-nilai yang diajarkan oleh guru di sekolah. (NA/IB)