Nggak Cuma Belanda dan Jepang, Negara Ini Ternyata Juga Pernah Menjajah Indonesia

Ternyata 'nggak' cuma sama Belanda dan Jepang yang pernah menjajah Indonesia. Negara ini juga pernah.

Nggak Cuma Belanda dan Jepang, Negara Ini Ternyata Juga Pernah Menjajah Indonesia
Penjajah di Indonesia. (Foto: archive.is)
286
View
Komentar

Inibaru.id - Jika kita mendengar nama negara Belanda dan Jepang, kita tentu akan teringat tentang sejarah kelam yang diberikan oleh kedua negara tersebut saat menjajah Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, Belanda menjajah Indonesia sekitar 350 tahun. Sementara itu, Jepang juga sempat menjajah kita pada saat Perang Dunia ke II berkecamuk. Meskipun hanya 3,5 tahun lamanya, banyak orang yang menyebutkan bahwa pada saat itu masyarakat tanah air sangat menderita.

Baca juga: Ini Dia Makna Dibalik Lomba-Lomba Agustusan

Yang tidak kita duga adalah, sebenarnya ada beberapa negara lain yang juga pernah menjajah Indonesia. Beberapa diantaranya memang tercatat dalam buku sejarah, namun ada pula yang ternyata negara yang pernah menjajah negara kita tanpa banyak orang ketahui. Apa sajakah negara tersebut?

Portugis

Penjajahan Portugis di Indonesia dimulai saat seorang pelaut dari negeri tersebut bernama Fransisco Serrao berhasil melakukan pelayaran ke Maluku pada tahun 1512. Raja Ternate saat itu menyambut kedatangan Fransisco dan bangsa Portugis lainnya dengan hangat. Bahkan, bangsa Portugis diizinkan untuk membangun benteng di Ternate yang masih bertahan hingga saat ini. Sayangnya, karena Portugis melakukan praktek monopoli perdagangan rempah-rempah yang tidak sehat dengan Maluku, maka hubungan dagang antara Portugis dan Ternate pun putus. Dalam sejarah, bangsa Portugis dikabarkan diusir pada tahun 1595.

Spanyol

Berbeda dengan Portugis yang melakukan koalisi dengan Kerajaan Ternate, Bangsa Spanyol mulai melakukan koalisi dengan Kerajaan Tidore sebagai salah satu taktik persaingan bisnis sejak tahun 1521. Hanya saja, karena persaingan kedua negara ini sudah semakin merugikan, pihak Spanyol dan Portugis pun melakukan perjanjian Zaragoza pada tahun 1538 yang menyebutkan bahwa Portugis berhak akan Kepulauan Maluku dan Spanyol berhak akan wilayah Filipina. Spanyol juga sempat menjajah Sulawesi Utara dan mendirikan pos pertahanan di Manado. Hanya saja, pada tahun 1617 hingga 1646, Spanyol berhasil diusir dari Minahasa dan pada tahun 1692, Spanyol benar-benar bisa diusir dari tanah air.

Baca juga: Galeri Nasional Pamerkan 48 Lukisan Istana Selama Bulan Kemerdekaan

Inggris

Inggris menjajah Indonesia setelah adanya Rekapitulasi Tuntang yang memutuskan Pulau Jawa diserahkan dari Belanda ke Inggris pada tahun 1811. Thomas Stamford Raffles pun diutus menjadi gubernur jenderal untuk wilayah Indonesia. Berbagai perubahan dilakukan pada masa penjajahan Inggris seperti dihapusnya sistem monopoli perdagangan, perbudakan, pembagian Pulau jawa menjadi 16 karesidenan, dan lain sebagainya. Berbagai peninggalan penjajahan Inggris masih dipakai hingga saat ini seperti masih kentalnya unsur karesidenan hingga penamaan bunga Rafflesia Arnoldi yang berdasarkan nama Thomas Stamford Raffles.

Perancis

Kebanyakan orang tidak tahu jika Indonesia pernah dijajah oleh Perancis. Pada tahun 1806 hingga 1811, Perancis secara tidak langsung berkuasa atas Pulau Jawa karena pada saat itu Kerajaan Belanda telah ditaklukkan oleh Perancis di masa Napoleon Bonaparte. Hanya saja, saat itu memang pemerintahan Perancis di tanah air diwakili oleh Gubernur Jenderal yang berasal dari Belanda, yakni Daendels. (AS/IB)