Resmi Beroperasi 26 September, Ini Rute Lengkap dan Tarif KA Cilacap-Yogya-Solo

KA Wijayakusuma yang mulai beroperasi 26 September 2017 akan menyambung Cilacap-Yogyakarta-Solo dengan dua kali pemberangkatan dalam sehari.

Resmi Beroperasi 26 September, Ini Rute Lengkap dan Tarif KA Cilacap-Yogya-Solo
Kereta Api Indonesia. (Antara Foto)

Inibaru.id – Masyarakat Cilacap bakal segera memiliki lebih banyak pilihan modus transportasi untuk bepergian ke Solo atau Yogyakarta. PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan, kereta api (KA) Wijayakusuma jurusan Cilacap-Yogyakarta-Solo bakal beroperasi mulai Selasa (26/9/2017) mendatang,

Kepala Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Irfan Hendriwintoko, dalam keterangannya mengatakan, KA kelas ekonomi ini diluncurkan untuk memenuhi permintaan warga Cilacap yang menginginkan rute Cilacap-Yogya-Solo.

“KA akan diberangkatkan dari Stasiun Cilacap sebanyak dua kali sehari, tapi dengan rute berbeda,” terangnya, sebagaimana diberitakan Republika.

Baca juga: Kereta Tanpa Awak Beroperasi di Bandara Soetta, Berani Coba?

KA Wijayakusuma akan menempuh perjalanan pertama dari Cilacap, tapi hanya sampai Yogyakarta. KA kemudian akan kembali ke Cilacap. Setibanya di Cilacap, KA tersebut akan berangkat lagi. Namun, kali ini hingga Solo melalui Yogyakarta. Setiba di Solo, KA akan bertolak hingga ke Cilacap.

Dilansir dari Liputan6, secara mendetail, KA 10590 Wijayakusuma Cilacap-Yogyakarta akan bertolak dari Stasiun Cilacap pukul 05.00 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 08.20 WIB. Kereta ini akan berhenti di sejumlah titik, antara lain Stasiun Maos, Kroya, Tambak, Gombong, Kebumen, Prembun, Kutoarjo, dan Stasiun Wates.

Kemudian, Wijayakusuma akan kembali ke Cilacap pukul 09.30 WIB dengan nomor kereta KA 10331. Ia akan tiba di Stasiun Cilacap pukul 13.30 WIB. Adapun kereta ini akan berhenti di Wates, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Tambak, Sumpiuh, Kemranjen, Kroya, serta Maos.

Tiba di Cilacap, KA Wijayakusuma akan kembali diberangkatkan pukul 14.10 WIB. KA 10592 ini akan menempuh rute Cilacap-Solo dengan transit di Maos, Kroya, Sumpiuh, Tambak, Karanganyar, Sruweng, Soka, Kebumen, Prembun, Butuh, Kutoarjo, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari, serta tiba di Stasiun Solo (Balapan) pukul 19.13 WIB.

Setibanya di Solo, KA Wijayakusuma (KA 10557) akan kembali ke Cilacap pukul 19.45 WIB dan dijadwalkan akan tiba pukul 01.00 WIB, dengan titik transit di Stasiun Klaten, Lempuyangan, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Tambak, Sumpiuh, Kroya, Sikampuh, serta Stasiun Maos.

Baca juga: Hore, Bus Khusus Difabel Mulai Beroperasi Di Bogor

Selama tiga bulan, lanjut Irfan, terhitung dari 26 September hingga 26 Desember 2017, PT KAI masih menerapkan tarif promo.

“Untuk rute Cilacap-Yogyakarta (Lempuyangan) dibanderol Rp 50 ribu. Sedangkan untuk rute Cilacap-Solo (Balapan), penumpang dikenai tarif Rp 70 ribu,” jelasnya.

Sementara, tambahnya, PT KAI juga bakal memberlakukan tarif jarak dekat untuk KA tersebut.

“Misalnya, untuk yang berangkat dari Stasiun Kutoarjo menuju Yogyakarta atau Lempuyangan atau sebaliknya, hanya dikenakan tarif Rp 25 ribu. Demikian juga untuk rute Kroya-Cilacap hanya Rp 20 ribu, sedangkan rute Yogyakarta-Solo Rp 40 ribu,'' kata dia.

Pihaknya menyebutkan, untuk pemesanan tiket KA juga tidak jauh berbeda dengan KA lainnya, yakni melalui gerai eksternal atau sistem daring.

''Karena merupakan KA jarak dekat, pemesanan tiket bisa dilakukan sepekan sebelumnyua,'' pungkas Irfan. (GIL/SA)